Kompas.com - 20/09/2022, 13:00 WIB

CILEGON,KOMPAS.com – Gereja HKBP Maranatha Cilegon di Lingkungan Cikuasa, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, punya jemaat sebanyak 3.900 jiwa.

Namun, hingga saat ini ribuan umat itu belum memiliki rumah ibadah representatif dan layak untuk digunakan. Hal ini karena rencana pembangunan gereja tak kunjung dapat izin untuk direalisasikan.

Padahal, para pengurus HKBP sudah merencanakan pendirian rumah ibadah ini sejak tahun 2002, dan seluruh persyaratan telah dipenuhi. Lantas, apa kendalanya?

Ketua Panitia Pembangunan Gereja HKBP Maranatha Cilegon Jamister Manullang mengatakan, Lurah Gerem belum melakukan validasi dan pengesahan atas persyaratan dukungan pendirian gereja.

"Kami telah memenuhi persyaratan dukungan minimal 60 tanda tangan kepala keluarga (KK), sampai saat ini Lurah Gerem belum melakukan validasi dan pengesahan," ungkap Jamister kepada Kompas.com, Sabtu (18/9/2022).

Baca juga: Kota Cilegon Minim Ruang Terbuka Publik, Ini Upaya Pemkot

Sampai saat ini, imbuh Jamister, panitia telah mengumpulkan sebanyak 70 tanda tangan persetujuan dari warga, lengkap beserta Kartu Keluarga.

Selain belum mendapatkan pengesahan dari Lurah Gerem, panitia juga terkendala penilaian Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Cilegon.

Jamister mengungkapkan, FKUB menilai syarat administrasi pendirian Gereja HKBP masih belum lengkap. Kendati demikian, panitia tak patah semangat.

Mereka terus melakukan tindak lanjut dan mengawal persyaratan administrasi. Namun, hingga kini FKUB tak kunjung memberikan respons apa pun.

Lepas dari itu, Jamister menceritakan rencana detail konstruksi gereja. Struktur bangunan gereja hanya satu lantai dengan luas penggunaan (usable area) 3.915 meter persegi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.