Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Tol Cibitung-Cilincing Percepat Mobilitas dari Kawasan Industri Bekasi

Kompas.com - 20/09/2022, 11:27 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akhirnya meresmikan dua jalan tol yakni Jalan tol Cibitung-Cilincing dan jalan Tol Serpong-Balaraja seksi 1 pada Selasa (20/9/2022).

Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan kehadiran Jalan tol Cibitung-Cilincing sangat penting dalam mempercepat mobilitas dari kawasan industri di Bekasi.

“Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 27,2 Km ini bisa mempercepat mobilitas barang yang berasal dari kawasan-kawasan industri di Bekasi bagian utara dan juga dari kawasan-kawasan logistik yang ada di Karawang, Bekasi,” ungkap Presiden Jokowi.

Baca juga: Lewat Tol Cibitung-Cilincing Waktu Tempuh ke Tanjung Priok Hanya 30 Menit

Dikatakan, kecepatan inilah yang nanti akan mempermudah mobilitas barang dan memperkuat daya saing produk-produk Indonesia yang akan di ekspor.

“Tol Cibitung-Cilincing yang segera akan kita resmikan ini adalah bagian dari Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR) dan kita harapkan akan rampung 100 persen pada akhir tahun 2023,” tegas Presiden.

Sementara itu, untuk Jalan Tol Serpong-Balaraja yang diresmikan pada kesempatan yang sama memiliki panjang hingga 5,1 Km.

Baca juga: Mulai Rabu Ini, Lewat Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A Gratis

“Tol Serpong Balaraja Seksi 1 ini merupakan bagian dari JORR 3. Sehingga bila nantinya JORR 2 dan JORR 3 selesai dibangun, bagian barat ke timur akan tersambung sehingga tidak usah melalui tengah Jakarta lagi," jelas Presiden. 

"Ini yang akan mengurangi kemacetan yang ada di DKI Jakarta,” lanjutnya. 

Usai melakukan peresmian, Presiden Jokowi juga melakukan prosesi tap kartu elektronik tol dan penandatanganan prasasti pembangunan kedua jalan tol tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com