Kompas.com - 18/08/2022, 10:15 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengungkapkan, keberadaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan kunci utama bagi Indonesia untuk bertahan di tengah krisis global.

Hal tersebut ia sampaikan dalam perayaan HUT ke-65 PT Astra International Tbk wilayah Sulawesi, Kamis (18/8/2022). 

Menurut Teten, konflik antara Rusia dan Ukraina berdampak pada peningkatan harga komoditas yang tinggi, terutama energi dan pangan.

Baca juga: Sambut Semester II, Astra Property Siapkan Proyek Pergudangan Modern

Bila terus berlangsung maka berakibat pada kerawanan pangan dan kemiskinan yang harus diwaspadai.

“Kami percaya melalui pengembangan UMKM, Indonesia bisa bertahan dari krisis, terutama bagi UMKM perlu didasarkan pada potensi ekonomi daerah,” ujar Teten.

Dia mengatakan, perayaan HUT ke-65 Astra Wilayah Sulawesi ini juga sangat istimewa karena akan diadakan acara Sustainability Webinar.

“Hal ini sejalan dengan Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 di mana saat ini dunia membutuhkan upaya kolektif dan kolaboratif yang inklusif antara negara-negara maju dan berkembang di seluruh dunia,” tambah Teten.

Sementara itu, General Manager-Head of Corporate Communications Boy Kelana Soebroto mengatakan, perayaan HUT ke-65 Astra wilayah Sulawesi sangat spesial karena bertepatan dengan hari UMKM Nasional pada 12 Agustus 2022.

Dikatakan, sejak Jumat (12/8/2022), telah diselenggarakan acara Festival Kewirausahaan Astra 2022 yang membuka rangkaian HUT ke-65 Astra Wilayah Sulawesi.

Baca juga: Akuisisi Saham Modernland Realty, Astra Land Kuasai Penuh Proyek Asya

“Dalam Kewirausahaan, Astra juga mengadakan acara seremoni pelepasan ekspor perdana produk unggulan dari tiga Desa Sejahtera Astra. Masing-masing Desa Sejahtera Astra Wakatobi, Bombana, dan Bone, dan total transaksinya mencapai Rp 6,5 miliar,” ungkap Boby.

Rangkaian perayaan HUT ke-65 Astra Sulawesi akan berlangsung mulai dari Kamis (18/8/2022) sampai Sabtu (20/8/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.