Kompas.com - 18/08/2022, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek jalan tol dari Balikpapan-Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi salah satu prioritas Kementerian PUPR.

Bersandingan dengan infrastruktur dasar lainnya seperti jalan nasional hingga kompleks perkantoran Presiden dan Wakil Presiden.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan bebas hambatan berbayar itu memotong dari Jalan Tol Balikpapan-Samarinda KM 11 kemudian ditarik menuju KIPP IKN.

"Kita targetkan dari Balikpapan ke IKN bisa 30-40 menit dengan jalan tol itu," kata Basuki dalam Konferensi Pers: Nota Keuangan & RUU APBN 2023 pada Selasa (16/08/2022), dikutip dari siaran Youtube Kementerian Keuangan

Menurut dia, beberapa pembangunan infrastruktur di IKN sudah mulai menjalani proses lelang. Termasuk beberapa trase Jalan Tol Balikpapan-KIPP IKN.

Baca juga: Tol IKN Kemungkinan Dibangun Pakai Duit Pemerintah, Setelahnya Dioperasikan BUJT

"Sekarang sudah tender, mungkin sekarang dalam masa sanggah. InsyaAllah akhir bulan ini bisa di tandatangani kontraknya, kemudian akan segera dilaksanakan (pekerjaannya)," tandasnya.

Merujuk informasi dari situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian PUPR, terdapat beberapa trase Jalan Tol IKN yang sudah dalam proses lelang untuk pekerjaan konstruksi.

Meliputi, Jalan Tol IKN Segmen KKT Kariangau-Simpang Tempadung; Jalan Tol IKN Segmen Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang; dan Jalan Tol IKN Segmen Karangjoang-KKT Kariangau

Selain itu, Kementerian PUPR juga berencana membangun immerse tunnel (terowongan bawah laut) yang merupakan bagian dari jalan tol dari Balikpapan-IKN.

Proyek tersebut sudah memasuki tahap feasibility study (studi kelayakan) dan sedang didesain. Kemungkinan baru akan dilelang pada 2023 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.