Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fokuskan Ruas Utama Tol Trans-Sumatera Tuntas 2024, Basuki: Kita Agak Rem Siripnya

Kompas.com - 17/08/2022, 21:32 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan ruas utama Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) selesai pada 2024 mendatang.

Hal itu diutarakannya dalam Konferensi Pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2023 pada Selasa (16/08/2022), dikutip dari siaran Youtube Kementerian Keuangan.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Keuangan telah memerintahkan untuk penyelesaian semua pembangunan infrastruktur pada 2023 atau Semester I-2024. Termasuk jalan tol.

"Untuk jalan tol juga semua sudah kita antisipasi. Contohnya Jalan Tol Trans-Sumatera ini akan diselesaikan 2024," ujar Basuki.

Minimal sudah selesai mulai dari Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung-Betung-Jambi. Artinya, memfokuskan penyelesaian ruas tol utama.

Baca juga: Begini Progres Pembangunan 8 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera

"Jadi yang (ruas tol) sirip-siripnya dari Bengkulu dari Padang kita agak rem, dan kita menyelesaikan back bone nya, gate to gate harus selesai, dari pintu ke pintu," jelasnya.

Apabila ruas utama JTTS tersebut selesai, maka bisa segera memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Itu yang harus kita monitor ketat betul, sehingga mudah-mudahan semua dapat kita selesaikan dan dapat dimanfaatkan," katanya.

Di sisi lain secara keseluruhan, Kementerian PUPR juga sangat selektif soal pembangunan infrastruktur baru hingga 2024 mendatang.

Jadi hanya melaksanakan program Operasi, Pemeliharaan, Optimalisasi, dan Rehabilitasi (OPOR).

"Tidak ada pembangunan baru, kecuali perintah presiden. Jadi cukup OPOR tadi," pungkas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com