Basuki: Tahun 2023 Tak Ada Pembangunan Baru, Kecuali atas Perintah Presiden

Kompas.com - 18/08/2022, 08:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tidak merencanakan pembangunan baru pada tahun 2023, kecuali atas perintah Presiden.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (18/8/2022).

"Tidak ada pembangunan baru, kecuali atas perintah Presiden," kata Menteri Basuki.

Oleh karena itu, program kerja melalui belanja infrastruktur PUPR Tahun Anggaran (TA) 2023 akan difokuskan untuk menyelesaikan pekerjaan konstruksi yang sedang dibangun.

Sekaligus, pengoptimalan infrastruktur yang sudah terbangun melalui pendekatan Operasi, Pemeliharaan, Optimalisasi, dan Rehabilitasi (OPOR).

Baca juga: Fokuskan Ruas Utama Tol Trans-Sumatera Tuntas 2024, Basuki: Kita Agak Rem Siripnya

Adapun pagu anggaran Kementerian PUPR yang tetuang dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan dan belanja Negara TA 2023 beserta Nota Keuangannya adalah sebesar Rp 125,2 triliun.

"Sesuai yang disampaikan Presiden Joko Widodo, kegiatan pembangunan infrastruktur pada 2023 tetap menjadi prioritas utama dan diharapkan dapat diselesaikan seluruhnya pada tahun 2024," tambah Basuki.

Pagu anggaran akan digunakan untuk kegiatan bidang Sumber Daya Air sebesar Rp 41,9 triliun dengan melanjutkan penyelesaian 24 bendungan, di mana 13 bendungan di antaranya ditargetkan tuntas.

Hal itu meliputi Bendungan Keureuto dan Rukoh di Aceh, Lau Simeme di Sumut, Karian di Banten serta Cipanas dan Leuwikeris di Jabar.

Selain itu, melanjutkan pembangunan jaringan irigasi seluas 6.900 hektar, seperti Daerah Irigasi Lematang di Sumsel, DI Baliase di Sulsel, DI Bintang Bano di NTB, DI Rentang di Jabar, dan daerah irigasi lainnya.

Baca juga: 4 Jalan Tol Punya Bentang yang Sama dengan HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.