Pemerintah Monitor Ketat Koridor Utama Tol Trans-Sumatera, Ditargetkan Tuntas 2024

Kompas.com - 18/08/2022, 10:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan backbone (koridor utama) Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) tuntas tahun 2024 mendatang.

Menurut Basuki, pihaknya akan memantau secara ketat pembangunan koridor tersebut agar bisa dimanfaatkan.

Informasi tersebut disampaikan Basuki dalam Konferensi Pers Nota Keuangan dan Rancangan Undang-undang (RUU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023, Selasa (16/08/2022), dikutip dari siaran Youtube Kementerian Keuangan.

"Itu yang harus kita monitor ketat betul. Sehingga, mudah-mudahan semua dapat kita selesaikan dan dapat dimanfaatkan," ujarnya.

Basuki melanjutkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani telah memerintahkan untuk penyelesaian semua pembangunan infrastruktur.

Baca juga: Fokuskan Ruas Utama Tol Trans-Sumatera Tuntas 2024, Basuki: Kita Agak Rem Siripnya

Target dari penyelesaian pembangunan infrastruktur tersebut adalah tahun 2023 atau Semester I-2024, termasuk jalan tol.

"Untuk jalan tol juga semua sudah kita antisipasi. Contohnya, Jalan Tol Trans-Sumatera ini akan diselesaikan 2024," tambah Basuki.

Minimal sudah selesai mulai dari Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung-Betung-Jambi. Artinya, memfokuskan penyelesaian ruas tol utama.

"Jadi yang (ruas tol) sirip-siripnya dari Bengkulu dari Padang kita agak rem, dan kita menyelesaikan backbone-nya, gate to gate harus selesai, dari pintu ke pintu," jelasnya.

Di sisi lain secara keseluruhan, Kementerian PUPR juga sangat selektif soal pembangunan infrastruktur baru hingga 2024 mendatang.

Jadi hanya melaksanakan program Operasi, Pemeliharaan, Optimalisasi, dan Rehabilitasi (OPOR).

"Tidak ada pembangunan baru, kecuali perintah presiden. Jadi cukup OPOR tadi," pungkas Basuki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.