Karawang, Kawasan Pertama di Indonesia yang Bakal Punya Premium Outlet Mewah

Kompas.com - 12/08/2022, 08:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini, Karawang, Jawa Barat, identik dengan kawasan industri. Berbagai perusahaan skala nasional dan multinasional beroperasi di sini.

Bersama Bekasi, Karawang tercatat sebagai penopang utama pertumbuhan industri Nasional.

Hingga akhir tahun 2021, menurut data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), realisasi investasi di kabupaten ini senilai Rp 26,6 triliun, atau kelima tertinggi se-Indonesia.

Tidak tanggung tanggung, investor yang mengembangkan kawasan industri di sini, selain Nasional, juga asing yang pada umumnya berasal dari Jepang, China, dan Korea Selatan.

Sedangkan dalam hal permintaan terhadap lahan industri untuk pengembangan pabrik, sangat variatif dan terdiri dari berbagai macam negara.

Baca juga: Rekomendasi Rumah Subsidi di Karawang, Hanya Rp 150 Jutaan

Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) Karawang pun menempati kedua tertinggi secara Nasional dengan angka mencapai Rp 4,7 juta.

Kabupaten Karawang dipadati oleh sekitar 2,4 juta jiwa pada 2021 dengan kenaikan jumlah populasi berkisar 1,5 persen per tahun sejak 2020.

Namun, kepadatan penduduknya masih berkisar 1.460 jiwa per kilometer persegi. Jauh di bawah daerah sekitarnya seperti Kabupaten Bekasi (2.400 jiwa per kilometer persegi), tetapi di atas angka Kabupaten Purwakarta (sekitar 1.000 jiwa per kilometer persegi).

Meskipun demikian, bukan berarti Karawang tidak berkembang. Selama beberapa tahun terakhir, Karawang diramaikan oleh pembangunan fisik yang demikian masif.

Hal ini dipicu masifnya perkembangan infrastruktur, seperti Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Layang MBZ, LRT Jabodebek, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Pelabuhan Patimban, Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ), dan lain-lain.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.