Kompas.com - 11/08/2022, 08:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga kini, baru 17.675 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang telah memutakhirkan data individu di portal kepesertaan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), Sitara.

Sementara yang belum memutakhirkan data individu masih ada 72,45 persen atau jumlahnya setara dengan 46.481 peserta.

Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera Eko Ariantoro mengimbau Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim agar mengingatkan para PNS untuk segera memutakhirkan data pribadi pada portal tersebut.

“Melalui rangkaian acara ini, BP Tapera akan mendampingi peserta melakukan pemutakhiran data. Sehingga, dapat mengisi data-data yang dibutuhkan”, ujar Eko dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (9/8/2022).

Eko menyampaikan, terdapat terdapat 10 isian yang bersifat mandatori dan confidential atau rahasia yang hanya dapat diisi oleh para peserta dalam Sitara.

Dengan data yang akurat, Badan Pengelola (BP) Tapera dapat mengetahui dan memastikan informasi peserta, status kepersertaan (aktif/nonaktif), dan besaran setoran dan saldo simpanan.

Baca juga: Hingga 26 Juli, Lebih dari 1 Juta PNS Mutakhirkan Data Tapera

Kemudian, prinsip pengelolaan dana (konvensional/syariah), nomor rekening pengembalian simpanan pada saat pensiun, maupun minat dan waktu untuk memanfaatkan pembiayaan Tapera.

Sementara itu, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltim selaku pihak pemberi kerja telah menyelesaikan pemutakhiran data kepada 57.496 peserta atau 86,92 persen melalui portal sitara.tapera.go.id

Sekretaris Dewan Pengurus KORPRI Provinsi Kaltim Didi Rusdiansyah Anandani berharap agar para PNS dapat memahami program Tapera dari kegiatan sosialisasi pemutakhiran data.

“Harapan kami, para peserta yang hadir pada hari ini untuk dapat bertanya mengenai program Tapera," ungkap dia.

Didi mengungkapkan, pihaknya akan memperjuangkan para PNS di Kaltim untuk dapat mendapatkan manfaat pembiayaan perumahan dari BP Tapera, khususnya rumah pertama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.