Kompas.com - 30/07/2022, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) telah melakukan pemutakhiran data lebih dari 1 juta Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau tepatnya 1.088.174 peserta per 26 Juli 2022.

Padahal saat ini, jumlah peserta yang tercatat aktif sebanyak lebih dari 4 juta orang atau 4.075.814 peserta.

Maka dari itu, BP Tapera menggelar Gelagar Rezeki Tapera dalam rangka percepatan pemutakhiran data khusus PNS maupun Aparatur Sipil Negara (ASN).

Bagi peserta yang telah memutakhirkan data melalui portal kepesertaan BP Tapera yakni, sitara.tapera.go.id/peserta/login sejak 1 April 2022, maka secara otomatis peserta tersebut dapat mengikuti program reward ini.

Deputi Komisioner Bidang Pengarahan Dana BP Tapera Eko Ariantoro mengungkapkan, dengan upaya ini, sisa peserta aktif yang belum memutakhirkan data dapat segera, melakukan pembaruan pada Sitara.

Hal ini sesuai dengan amanah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat, Pemberi Kerja dan Peserta Pekerja wajib melakukan pemutakhiran data kepegawaian dan data individunya.

Baca juga: Pemutakhiran Data Tapera PNS di 4 Kota Jateng Terendah Se-Indonesia

Dengan melakukan pemutakhiran data, peserta dapat menikmati beberapa manfaat seperti pengecekan saldo tabungan beserta imbal hasil.

Lalu, menentukan prinsip pengelolaan dana baik secara konvensional maupun syariah dan bagi kepesertaan bagi yang memenuhi syarat eligible dapat mengajukan minat pembiayaan untuk kepemilikan rumah (KPR).

Kemudian, pembangunan dan renovasi rumah dengan suku bunga yang kompetitif, serta bisa menentukan bank pencairan rabungan ketika nanti pensiun atau berakhir masa kepesertaan.

“Langkah ini kami lakukan sebagai upaya pendorong para eserta agar segera melakukan pemutakhiran data agar bisa menikmati manfaat yang ada demi mewujudkan rumah pertama bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)," terang Eko dalam rilis, Jumat (29/7/2022).

Adapun program Gelagar Rezeki Tapera telah digelar sejak April 2022. Rencananya, pengundian akan dilakukan sebanyak tiga periode.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.