Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga 26 Juli, Lebih dari 1 Juta PNS Mutakhirkan Data Tapera

Kompas.com - 30/07/2022, 07:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) telah melakukan pemutakhiran data lebih dari 1 juta Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau tepatnya 1.088.174 peserta per 26 Juli 2022.

Padahal saat ini, jumlah peserta yang tercatat aktif sebanyak lebih dari 4 juta orang atau 4.075.814 peserta.

Maka dari itu, BP Tapera menggelar Gelagar Rezeki Tapera dalam rangka percepatan pemutakhiran data khusus PNS maupun Aparatur Sipil Negara (ASN).

Bagi peserta yang telah memutakhirkan data melalui portal kepesertaan BP Tapera yakni, sitara.tapera.go.id/peserta/login sejak 1 April 2022, maka secara otomatis peserta tersebut dapat mengikuti program reward ini.

Deputi Komisioner Bidang Pengarahan Dana BP Tapera Eko Ariantoro mengungkapkan, dengan upaya ini, sisa peserta aktif yang belum memutakhirkan data dapat segera, melakukan pembaruan pada Sitara.

Hal ini sesuai dengan amanah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat, Pemberi Kerja dan Peserta Pekerja wajib melakukan pemutakhiran data kepegawaian dan data individunya.

Baca juga: Pemutakhiran Data Tapera PNS di 4 Kota Jateng Terendah Se-Indonesia

Dengan melakukan pemutakhiran data, peserta dapat menikmati beberapa manfaat seperti pengecekan saldo tabungan beserta imbal hasil.

Lalu, menentukan prinsip pengelolaan dana baik secara konvensional maupun syariah dan bagi kepesertaan bagi yang memenuhi syarat eligible dapat mengajukan minat pembiayaan untuk kepemilikan rumah (KPR).

Kemudian, pembangunan dan renovasi rumah dengan suku bunga yang kompetitif, serta bisa menentukan bank pencairan rabungan ketika nanti pensiun atau berakhir masa kepesertaan.

“Langkah ini kami lakukan sebagai upaya pendorong para eserta agar segera melakukan pemutakhiran data agar bisa menikmati manfaat yang ada demi mewujudkan rumah pertama bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)," terang Eko dalam rilis, Jumat (29/7/2022).

Adapun program Gelagar Rezeki Tapera telah digelar sejak April 2022. Rencananya, pengundian akan dilakukan sebanyak tiga periode.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com