Kompas.com - 29/07/2022, 21:15 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Miliarder asal Hong Kong, Li Ka Shing baru saja mengajukan tawaran untuk pembelian kantor pusat Evergrande Group di Hong Kong.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Evergrande memang tengah berusaha mencari tambahan uang tunai menjelang restrukturisasi utang yang direncanakan.

Melalui perusahaan propertinya, CK Asset Holdings Ltd., Li Ka shing mengajukan penawaran tender untuk pembelian gedung Evergrande.

Hong Kong Economic Times melaporkan berdasarkan harga pasaran, bangunan tersebut bernilai sekitar 1,15 miliar dolar AS atau setara Rp 17,11 triliun.

Baca juga: Juli 2022, Evergrande Janji Umumkan Restrukturisasi Perusahaan

Reuters melaporkan nantinya hasil penjualan kantor di Hong Kong akan digunakan oleh Evergrande untuk membayar utang kepada beberapa kreditur.

Selain CK Asset Holdings Ltd., beberapa pengembang properti di Hong Kong dikabarkan juga telah mengajukan tender. Namun tawaran yang datang dari China cukup minim.

Evergrande menunjuk layanan real estat Cushman & Wakefield sebagai agen tunggal untuk menjual gedung perkantoran seluas 3,2 hektar tersebut.

Saat ini perusahaan properti raksasa itu harus membayar utangnya sebesar 300 miliar Dolar AS (Rp 4.290 triliun).

Baca juga: Benarkah Evergrande Sebabkan Kecelakaan China Eastern Airlines?

Tahun lalu, perusahan peroperti raksasa asal China Yuexiu Property Co. juga mengajukan penawaran untuk membeli gedung tersebut.

Namun mereka akhirnya membatalkan rencana pembelian karena khawatir dengan kondisi keuangan Evergrande yang semakin memburuk. 

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.