Kompas.com - 04/08/2022, 08:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyerahterimakan 300 unit hunian tetap (huntap) di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), kepada para penerima manfaat.

Huntap tersebut tersebar di Desa Oyang sebanyak 50 unit, Desa Saosina 195 unit, serta Desa Nelelamadike 55 unit.

Serah terima huntap ini ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) dan dilanjutkan dengan penanaman pohon di Desa Saosina.

Huntap di NTT ini dibangun sebagai upaya tanggap darurat bencana Badai Siklon Tropis Seroja dan banjir bandang yang menggenangi sejumlah wilayah di NTT, April 2021.

Ketua Satuan Tugas Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Kementerian PUPR di NTT dan Nusa Tenggara Barat (NTB) Widiarto mengatakan, dalam relokasi ini Kementerian PUPR berprinsip untuk membangun kembali dengan lebih baik.

“Lebih baik dalam artian aman dari gempa, konstruksi kuat dan tahan bencana karena rumah yang dibangun menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA),” ujar Widiarto dalam rilisnya, Rabu (3/8/2022).

Untuk menambah kenyamanan penghuni, pembangunan huntap juga dilengkapi prasarana pendukung di kawasan perumahan.

Baca juga: Cek Kondisi Huntap di Sulteng, Basuki: Tanami Halaman Rumah

Prasarana pendukung itu berupa jaringan air bersih dan sanitasi komunal, fasilitas umum dan fasilitas sosial (balai warga), jalan lingkungan dan drainase, sambungan listrik rumah dan Penerangan Jalan Umum (PJU), juga tempat sampah.

300 huntap di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).Dok Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR 300 huntap di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Widiarto berpesan kepada para penerima manfaat, baik masyarakat maupun Pemerintah Daerah (Pemda), agar  menjaga kelestarian dan kebersihan kawasan permukiman yang baru.

“Untuk menambah asri dan kenyamanan lingkungan kiranya dapat dilakukan penghijauan oleh masyarakat, melengkapi yang sudah ada,” katanya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.