Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Gembira, Tersedia Pinjaman Renovasi Rumah bagi UMKM dan Masyarakat Berpenghasilan Tidak Tetap

Kompas.com - 26/07/2022, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) resmi berkolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menghadirkan fasilitas pinjaman perumahan berbasis syariah.

Program pembiayaan mikro perumahan syariah ini ditujukan untuk nasabah PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar).

Adapun pada tahun lalu, telah diluncurkan program HOME untuk nasabah PNM Mekaar dan Mekaar Plus Syariah.

Nasabah bisa mendapatkan fasilitas pembiayaan mikro untuk merenovasi rumah yang sekaligus dijadikan tempat atau pendukung usaha.

Program ini diharapkan dapat mendorong produktivitas sektor usaha kecil mikro menengah (UMKM) dan ultra mikro untuk dapat kembali bergerak melalui usaha dari rumah.

Baca juga: Pembiayaan Homestay SMF di 13 Destinasi Wisata Capai Rp 8,81 Miliar

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan, peluncuran program ini merupakan pembuktian komitmen SMF dalam melayani seluruh kelompok masyarakat yang membutuhkan akses pembiayaan perumahan termasuk masyarakat non-fixed income.

Hal tersebut sejalan dengan POJK No.12 Tahun 2022 sebagai langkah untuk memaksimalkan fungsi dan peran SMF sesuai dari mandat Pemerintah dalam Peraturan Presiden Nomor 100 Tahun 2020.

Ananta menuturkan, HOME Syariah menjadi pelengkap ikhtiar SMF dalam melayani kebutuhan pembiayaan bagi masyarakat non-fixed income baik secara konvensional melalui program HOME dan secara syariah melalui program HOME Syariah.

Hal ini tentunya memberikan kesempatan yang luas bagi seluruh masyarakat untuk mendapatkan pembiayaan perumahan dan tempat usaha secara mudah dan murah.

"Dalam kondisi saat ini, di mana pandemi belum juga berakhir, program pembiayaan mikro perumahan HOME Syariah ini diharapkan juga dapat menjadi pilihan solusi dan jawaban agar masyarakat untuk dapat bangkit di tengah gejolak ekonomi saat ini," katanya dalam rilis.

Baca juga: SMF dan PNM Fasilitasi Karyawan Beli Rumah Melalui Koperasi

Direktur Operasional PNM Sunar Basuki menuturkan, program ini adalah awal mula dari satu usaha dalam meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat, terutama nasabah PNM.

Lanjutnya, ini adalah wujud hadirnya PNM dan pemerintah terhadap masalah pemenuhan kebutuhan papan masyarakat.

"Kami keluarga besar PNM mengucapkan terima kasih kepada SMF yang telah mendukung dan memberikan nilai tambah kepada nasabah kami," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com