Kompas.com - 26/07/2022, 14:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah bakal membangun infrastruktur air bersih di Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama Korea Selatan (Korsel).

Hal itu disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat agenda pertemuan bilateral dengan Menteri Lingkungan Hidup Korsel Han Wha-Jin di Korsel, Senin (25/07/2022).

Mengutip dari laman Kementerian PUPR pada Selasa (26/07/2022), menurut Basuki ada beberapa proyek kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Korsel yang telah berjalan.

Salah satunya pengiriman 25 peserta pelatihan dari Kementerian PUPR untuk mempelajari smart city di Korea Selatan.

Baca juga: Bareng Korsel, Pemerintah Jalin Kerja Sama Manajemen Jalan hingga Smart City di IKN

Selain itu, terdapat pula proyek percontohan photovoltaik/panel surya di bendungan, dan proyek infrastruktur penyediaan air bersih net-zero di IKN.

"Salah satu tujuan dari proyek infrastruktur penyediaan air bersih net-zero di IKN adalah untuk mengembangkan instalasi pengolahan air bersih berkapasitas 600 liter per detik dengan menggunakan air dari Bendungan Sepaku Semoi," ujar Basuki.

Proyek infrastruktur air bersih itu terbagi menjadi dua, di mana instalasi 300 liter per detik akan dibangun oleh Pemerintah Indonesia.

Sedangkan 300 per detik lainnya akan dibangun oleh Pemerintah Korea Selatan melalui K-Water sebagai hibah untuk mendukung pembangunan IKN.

Baca juga: Dibangun 2024, Istana Wapres di IKN Bakal Jadi Prioritas Lelang

Menteri Basuki juga berharap dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup Korsel untuk pembangunan IKN, yang kontrak konstruksi pertama akan ditandatangani pada Juli 2022.

"Dukungan Anda (Korsel) untuk pembangunan Ibu Kota Baru Indonesia akan sangat berarti dalam kerja sama kita," pungkas Basuki.

Untuk diketahui, sebelumnya Kementerian PUPR bersama Kementerian Lingkungan Hidup Korsel telah menandatangani adendum Memorandum of Understanding (MoU) tahun 2022-2025 tentang sumber daya air.

MoU tersebut dilakukan saat penyelenggaraan The 2nd Asia International Water Week (AIWW) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.