Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba SMF Turun 2,10 Persen Jadi Rp 460 Miliar

Kompas.com - 23/03/2022, 15:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF mencetak laba bersih sepanjang 2021 dengan angka sebesar Rp 460 miliar, turun 2,10 persen dari realisasi tahun sebelumnya Rp 470 miliar.

Angka ini berasal dari realisasi pendapatan senilai Rp 2,1 triliun yang juga mengalami penurunan 9,58 persen dibanding periode tahun 2020 yang tercatat Rp 2,3 triliun.

Pencapaian tersebut ditopang oleh kegiatan penyaluran pinjaman sebesar Rp 8,8 triliun, serta penerbitan surat utang dan term loan sebesar Rp 7,6 trililun.

Baca juga: Hingga Akhir 2021, SMF Alirkan Dana Rp 77,96 Triliun untuk Pembiayaan Rumah 1,25 Juta Orang

Sementara segmen beban, pajak, dan cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN) terbukukan Rp 1,6 triliun atau mengalami perubahan 11,6 persen dibanding sebelumnya Rp 1,8 triliun.

Namun demikian, total aset SMF mengalami kenaikan 3,75 persen dari sebelumnya Rp 32,5 triliun menjadi Rp 33,7 triliun.

Demikian halnya dengan total ekuitas yang tercatat Rp 14,0 triliun atau tumbuh 22,68 persen dari sebelumnya Rp 9,3 triliun.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo memastikan SMF sebagai special mission vehicle Kementerian Keuangan akan selalu siap mendukung dan mengakselerasi pengembangan ekosistem pembiayaan perumahan.

Ada pun sepanjang 2021, dari target 157.500 unit yang ditetapkan Pemerintah, SMF merealisasikan 126.572 unit dengan nilai penyaluran dana Rp 4,6 triliun.

"Pada tahun 2022 pengelolaan dana Pemerintah untuk KPR FLPP yang sebelumnya dilakukan melalui BLU PPDPP dialihkan dan dikelola oleh BP Tapera. Seluruh proses kegiatan tidak ada perubahan baik secara penyaluran maupun kegiatan operasional," tutur Ananta, Rabu (23/3/2022).

Terkait program pembiayaan dalam mengoptimalkan peran dan fungsinya dalam mendorong bangkitnya industri perumahan baik dari sisi supply maupun demand, SMF juga menjaring sinergi dengan berbagai pihak.

Dalam mendukung realisasi pembiayaan mikro perumahan, misalnya, SMF bersinergi dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM untuk Program Hunian Mikro Mekaar atau HOM.

Program ini merupakan pembiayaan mikro perumahan bagi nasabah PNM Mekaar, untuk mendukung renovasi rumah nasabah yang juga dijadikan sebagai tempat usaha.

"Selain itu, SMF juga aktif menjalin kerja sama dengan lembaga penyalur KPR baik bank konvensional, bank syariah, bank pembangunan daerah, maupun bank perkreditan rakyat di berbagai daerah di Indonesia," imbuh Ananta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com