Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sederet Fakta Stadion Indoor Baru di GBK, Bisa Tampung hingga 16.000 Penonton

Kompas.com - Diperbarui 27/12/2022, 10:28 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) akan segera memiliki stadion di dalam ruangan (indoor) yang baru.

Saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah menjalankan proyek pembangunan Indoor Multifunction Stadium tersebut sejak Desember 2021 lalu.

Bila sesuai kontrak, stadion ini akan selesai pada bulan Maret 2023. Namun diharapkan penyelesaian konstruksinya bisa rampung pada Desember 2022.

Berikut sederet fakta mengenai Indoor Multifunction Stadium GBK seperti yang berhasil dirangkum oleh Kompas.com.

Baca juga: Stadion Indoor Multifungsi GBK, Bangunan Hijau Berteknologi Teleskopik

Kapasitas

Indoor Multifunction Stadium dibangun di atas lahan seluas 30.720 meter persegi dan mampu menampung 16.088 penonton.

Kapasitas tersebut membuat stadion ini memiliki kapasitas yang lebih besar dari Istora Senayan yang mana hanya bisa menampung 7.166 penonton saja.

Foto aerial suasana proyek pembangunan Indoor Multifunction Stadium di Kompleks GBK, Senayan, Jakarta, Jumat (8/7/2022). Pembangunan stadion seluas 30.720 meter persegi dengan kapasitas pengunjung sebanyak 16.500 orang tersebut ditujukan untuk mendukung pelaksanaan Piala Dunia Basket (FIBA) 2023 mendatang dan ditargetkan rampung pada bulan Juni 2023. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto Foto aerial suasana proyek pembangunan Indoor Multifunction Stadium di Kompleks GBK, Senayan, Jakarta, Jumat (8/7/2022). Pembangunan stadion seluas 30.720 meter persegi dengan kapasitas pengunjung sebanyak 16.500 orang tersebut ditujukan untuk mendukung pelaksanaan Piala Dunia Basket (FIBA) 2023 mendatang dan ditargetkan rampung pada bulan Juni 2023. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.
Bentuk

Bentuk stadion ini mengadopsi filosofi keranjang anyaman sebagai representasi semangat gotong royong bangsa Indonesia, di mana memiliki banyak keberagaman namun bersatu membentuk bangsa yang kuat.

Venue FIBA 2023

Stadion ini akan dipersiapkan menjadi salah satu venue di ajang Piala Dunia Bola Basket atau FIBA 2023. Hal ini karena Indonesia akan menjadi tuan rumah bersama dengan Jepang dan Filipina.

Meskipun demikian, stadion ini juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan olahraga lain seperti bola voli, bulu tangkis dan ice hockey.

Baca juga: Sejarah Stadion Utama GBK Senayan, Pemancangan Tiang Pertama Dihadiri Nikita Kruschev

Selain itu, stadion juga bisa diperuntukan bagi kebutuhan di luar bidang olahraga seperti lokasi konser atau konvensi.

Punya 3 Tribun

Fakta menarik berikutnya adalah stadion ini memiliki 3 tribun yang bisa dimanfaatkan para penonton untuk menikmati pertandingan.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com