Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Tampilan Stadion yang Bisa Menampung 1 Juta Penonton

Kompas.com - 22/06/2022, 15:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber ESPN

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda membayangkan suasana bila menonton pertandingan olahraga di stadion yang berisi 1 juta orang penonton?

Bila belum, mungkin Anda harus mengintip desain stadion yang dirancang oleh seniman asal Amerika Serikat, Paul Pfeiffer.

Desain tersebut dibagikan pertama kali oleh akun twitter berita olahraga ESPN pada Senin (20/6/2022). Unggahan gambar tersebut bahkan telah di-retweet oleh lebih dari 8.000 pengguna Twitter.

Baca juga: Stadion Gelora Bandung Lautan Api Retak, Begini Solusi Mengatasinya

Desain stadion milik Paul tampak seperti piring raksasa dengan deretan bangku penonton yang berjejer rapi. Seluruh tempat duduk dibuat membentang hingga 14 tingkat ke langit.

Seluruh bangku penonton di cat dengan warna biru terang dan dari tempat duduk sebelah atas, lapangan pertandingan terlihat sangat kecil.

Dalam poling yang dilakukan oleh ESPN, 88,1 persen pengguna Twitter menilai bukanlah ide bagus untuk mewujudkan stadion tersebut. 

Beberapa pengguna twitter bahkan menilai bahwa pembangunan stadion itidak efisien, mahal serta terlihat tidak aman bagi para penonton.

Desain stadion tersebut memang bukanlah untuk diwujudkan lewat konstruksi asli. Desain ini merupakan karya seni milik Paul yang telah dipamerkan pada tahun 2020 silam.

Baca juga: Stadion Renzo Barbera, Saksi Terdepaknya Italia dari Piala Dunia 2022

Seperti dikutip dari Sport Illustration, desain Pfeiffer, disebut sebagai "Vitruvian Figure," dibuat menyerupai venue Olimpiade 2000 di Sydney yang bisa menampung 110.000 penonton.

Jika ide Pfeiffer benar-bener diwujudkan, maka tentu akan menelan biaya yang sangat besar serta membutuhkan waktu pengerjaan yang lama.

Saat ini stadion terbesar di dunia adalah Stadion Rungrado First of May, Pyongyang, Korea Utara. Stadion ini menampung 114.000 hingga 150.000 orang penonton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com