Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agung Podomoro Dorong Pertumbuhan Wilayah Penyangga Jakarta

Kompas.com - 22/06/2022, 12:47 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Podomoro Golf View (PGV) milik PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN) dinilai dapat mendorong pertumbuhan Bogor sebagai wilayah penyangga Jakarta, terutama pasca perpindahan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan Timur. 

Hal tersebut disampaikan oleh pengamat properti Ali Tranghada dalam Forum Group Discussion: Membedah Peluang Pengembangan Properti Residensial di Kawasan Sunrise, di Jakarta Selasa (21/6/2022).

Lokasi PGV yang berada di wilayah Cimanggis dinilai Ali memiliki peran penting untuk mengisi kekosongan area pengembangan di Bogor.

Baca juga: IKN Pindah, Bogor akan Menjadi Pusat Pertumbuhan Properti Residensial

Terlebih banyak kawasan pembangunan yang lainnya berada relatif jauh dari Jakarta sehingga menimbulkan kekosongan pengembangan wilayah di Bogor Utara dan Selatan Jakarta.

“Ada gap antara Jakarta dengan Bogor, pengembang-pengembang yang ada saat ini seperti menurut saya masih cukup jauh dari Jakarta. Nah kekosongan di wilayah seperti Cimanggis  memiliki potensi besar untuk dikembangkan,” jelas Ali.

Ia menambahkan wilayah Bogor sejatinya saat ini tengah mengalami fase sunrise pada sektor properti residensial. Karena itu, Bogor memiliki potensi besar untuk tumbuh meski relatif terlambat jika dibandingkan wilayah penyangga lainnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Bidang Properti dan Kawasan Ekonomi Apindo Sanny Iskandar mengatakan memiliki keunggulan dibandingkan dengan Serpong, Tangerang dan Cikarang, Bekasi.

Baca juga: Meski Ada Rencana Jalan Tol, Pemkab Bogor Tetap Bangun Jalur Puncak II

“Bogor memang memiliki keunggulan misalnya dari topografi wilayahnya yang berada di pegunungan yang memberikan kesejukan sehingga menjadi nilai tambah buat kawasan-kawasan hunian yang dibangun di sana,” jelasnya.

Keunggulan-keunggulan ini yang menurut Sanny akanmendorong pergeseran pertumbuhan properti residensial mengarah ke Bogor, terutama untuk segmen hunian menengah atas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com