Agar Lebih Efektif dan Produktif, Pelabuhan di Babel Akan Ditata

Kompas.com - 04/07/2022, 06:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemenhub bakal melakukan penataan pelabuhan-pelabuhan yang ada di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Tujuannya agar lebih produktif dan diharapkan semakin memperlancar pergerakan penumpang maupun barang.

Seperti halnya di Pulau Bangka, terdapat sejumlah pelabuhan. Baik untuk penumpang maupun barang.

Di antaranya yakni Pelabuhan Penyeberangan Sadai, Pelabuhan Pangkal Balam, Pelabuhan Tanjung Ular, dan Pelabuhan Belinyu.

Baca juga: Pelabuhan Ciwandan Bakal Jadi Dermaga Alternatif pada Mudik 2023

Menub Budi Karya Sumadi mengatakan, berencana memetakan kembali pelabuhan yang ada bersama Pemerintah Daerah (Pemda) untuk dikembangkan secara lebih produktif.

“Kami bersama Pemda akan mengidentifikasi kembali pelabuhan mana yang akan dikembangkan, karena kalau kebanyakan pelabuhan tidak ekonomis," ujarnya dikutip dari laman Kemenhub, Minggu (03/07/2022).

Menurutnya, apabila pengembangannya fokus di satu titik, maka hasilnya akan memberikan lebih bagus. Mengingat di Babel terdapat komoditas penting.

"Di sini memiliki komoditas seperti sawit, timah dan lainnya yang memiliki potensi untuk mengoptimalkan muatan kapal," tandas Budi.

Salah satu upaya yang agar pelabuhan lebih produktif yaitu dengan mengkerjasamakan pengelolaan dan pengembangannya kepada pihak swasta dan BUMD.

"Jadi pemerintah pusat memberikan kerjasama pengelolaan (KSP) kepada Pemda. Kemudian Pemda mengkerjasamakannya dengan BUMD dan swasta secara business to business (B to B)," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.