Kompas.com - 03/07/2022, 21:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun depan, Jepang rencananya akan memiliki bendungan baru yang lokasinya berada di Jepang bagian Tenggara, tepatnya di Prefektur Mie. Uniknya, mayoritas konstruksi bendungan dikerjakan oleh robot.

Bendungan tersebut merupakan proyek milik perusahaan kontraktor Jepang, Obayashi, yang telah dikerjakan sejak tahun 2020 silam.

Bendungan setinggi 84 meter ini dijadwalkan akan selesai pada Maret 2023. Sebelum memulai proses konstruksi, Obayashi telah mengembangkan peralatan otomatis untuk menumpuk lapisan beton untuk membentuk bendungan.

Baca juga: Basuki Minta Bendungan Sindangheula Dicat Ulang

Agar proses pekerjaan menjadi lebih ringkas, sebuah pabrik telah dibangun di dekat lokasi proyek untuk membuat adonan beton.

Selama ini, membangun bendungan membutuhkan waktu yang lama  serta biaya tenaga kerja yang mahal.

Namun jika sistem otomatis Obayashi berhasil maka ini akan menjadi game changer dalam konstruksi bendungan, serta dalam aplikasi lainnya.

"Dengan mentransfer teknik ahli ke mesin, kami dapat menganalisis apa yang dulunya merupakan pengetahuan implisit," kata kepala unit teknologi bendungan Obayashi, Akira Naito seperti dikutip dari Nikkei Asia.

Setiap proses untuk membangun bendungan selebar 334 meter akan melibatkan proses otomatisasi. Itu termasuk pekerjaan awal mendirikan pondasi, dan menuangkan beton untuk membentuk badan bendungan.

Tubuh bendungan dibangun berlapis-lapis dengan menuangkan adonan beton ke dalam sekat-sekat seluas 15 meter persegi.

Tower crane yang menuangkan adonan beton dikendalikan dari jarak jauh oleh komputer. Komputer tersebut juga berfungsi memantau posisi partisi dan kemajuan konstruksi.

Baca juga: Keren, China Kerjakan Bendungan dengan Bantuan Robot

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.