Begini Progres MRT Jakarta Fase 2A Rute Stasiun Thamrin-Stasiun Monas

Kompas.com - 30/06/2022, 12:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta Fase 2 CP 201 rute Stasiun Thamrin-Stasiun Monas telah mencapai 40,25 persen penyelesaian per 25 Juni 2022.

"Jadi kalau CP 201 progresnya hari ini sudah mencapai 40,25 persen di progres per Juni," Direktur Utama PT MRT Jakarta William P. Sabandar dalam media briefing, Kamis (30/6/2022).

Untuk di Stasiun Monas, tengah digarap pengecoran base slab di Stasiun Box Monas dan pengecoran kolom concourse level di RSS.

Selain itu, juga tengah dikejar penyelesaian pekerjaan pengeboran terowongan Monas-Thamrin.

Sementara untuk progres pembangunan Stasiun Thamrin, tengah digarap pengecoran base level di North Shaft Thamrin.

Baca juga: Jepang Bakal Danai Proyek MRT Jakarta Fase 2 dan 3, Seperti Apa?

Juga sedang dilakukan pembongkaran guide wall, pekerjaan jet grout di area utara Stasiun Thamrin dan persiapan arrival TBM 1 di South Shaft Thamrin.

Pekerjaan lain yang turut dilaksanakan adalah jet grout, pemasangan traffic deck dan pemasangan king post  di area selatan Stasiun Thamrin.

Tak ketinggalan juga dikerjar penyelesaian main drive TBM 1 untuk tunnel Bundaran HI-Thamrin.

Lebih lanjut, pada tahun 2022 PT MRT Jakarta menargetkan penyelesaian penggalian station box, roof slab, concourse slab, dan base slab di Stasiun Monas.

Target lain yang hendak dicapai pada tahun ini adalah memulai pengeboran koridor Monas-Thamrin.

Baca juga: Inggris Bakal Danai Proyek MRT Jakarta Senilai Rp 22 Triliun

Saat ini, TBM-2 telah rampung dirakit dan tengah memulai pengeboran. Telah berhasil membangun 177 meter atau 118 ring terowongan menuju Stasiun Thamrin.

Di sisi lain, PT MRT Jakarta juga menargetkan penyelesaian pekerjaan D-Wall dan king post station box, penggalian station box, pemasangan traffic decking sisi timur station box di Stasiun Thamrin.

Turut ditargetkan dimulainya pengeboran koridor Bundaran HI-Thamrin pada tahun 2022 ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.