Kompas.com - 30/06/2022, 05:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (Jasa Marga) resmi memborong 2,10 persen saham PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (Wika) di Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran.

Hal ini menyusul penandatanganan Akta Jual Beli (AJB) saham PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) selaku pengelola tol antara Jasa Marga dengan Wika pada Rabu (29/6/2022).

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan, pihaknya telah berdiskusi secara intens dengan Wika dan menyepakati untuk melanjutkan proses transaksi jual beli.

Kegiatan jual beli saham ini tentunya akan memberikan manfaat kepada semua pihak.

“Dalam rangka mengoptimalkan portofolio bisnis perusahaan, ini merupakan aksi korporasi Jasa Marga dengan mengambil alih 3.468.497 lembar saham atau setara 2,10 persen porsi saham yang dimiliki oleh WIKA di PT JKC," jelasnya, mengutip rilis.

Baca juga: Takhta Raja Jalan Tol Masih Dikuasai Jasa Marga

Sementara itu, Direktur Utama Wika Agung B.W. menyampaikan apresiasi terhadap Jasa Marga atas kesepakatan yang dicapai antara kedua perusahaan.

Jelasnya, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran adalah bukti nyata Wika dalam menjalankan peran ganda di aspek penyertaan modal serta terlibat sebagai kontraktor pelaksana hingga proyek rampung.

“Kesepakatan yang terjalin pada hari ini mencerminkan kolaborasi dan rasa saling percaya yang telah terjalin begitu baik antara WIKA dan Jasa Marga. Hal ini tentu menjadi fondasi yang baik dalam mensukseskan misi pembangunan dan penyediaan jasa jalan tol di Indonesia,” ungkap Agung.

Adapun sebelumnya kepemilikan saham di PT JKC terdiri dari Jasa Marga 76,43 persen, Synergy Quest International Ltd. 21,01 persen, Wika 2,10 persen, PT Nindya Karya (Persero) 0,32 persen, dan PT Istaka Karya (Persero) 0,14 persen.

Sedangkan lewat penandatanganan AJB ini, maka jumlah saham Jasa Marga di PT JKC menjadi 78,53 persen.

Baca juga: Laba Bersih Jasa Marga Naik Rp 1,62 Triliun

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.