Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Bakal Danai Proyek MRT Jakarta Fase 2 dan 3, Seperti Apa?

Kompas.com - 23/06/2022, 18:45 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Jepangdisebut bakal danai proyek MRT Jakarta Fase 2 (North-South) dan Fase 3 (East-West).

Hal tersebut dikemukakan delegasi pemerintah usai melakukan kunjungan kerja ke Jepang mulai 21-22 Juni 2022 lalu.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, dalam waktu dekat akan dilakukan penandatanganan satu kepastian dari pendanaan dari Jepang untuk proyek MRT Jakarta Fase 2 dan 3.

"Sehingga proyek MRT Jakarta dari selatan-utara dan timur-barat bisa berjalan baik," ujarnya dikutip dari laman MRT Jakarta, Kamis (23/06/2022).

Baca juga: Inggris Bakal Danai Proyek MRT Jakarta Senilai Rp 22 Triliun

Hal senada juga disampaikan Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar yang juga ikut langsung dalam pertemuan di Jepang.

Melalui Japan International Cooperation Agency (JICA), Pemerintah Jepang telah berkomitmen untuk mengakselerasi proyek fase 2.

Saat ini sedang berlangsung pengerjaan fase 2 MRT Jakarta dari Bundaran HI menuju Kota. Dua hal yang sedang dalam proses percepatan, yaitu fisik dan sistem

"Akan ditandatangani komitmen atau pledge pendanaan Jepang terhadap penambahan anggaran pembangunan fase 2. Demikian juga komitmennya untuk pembangunan fase 2B," kata William Sabandar.

Baca juga: Majukan Transportasi Kota, MRT Jakarta Gandeng Dua Perusahaan Perancis

Menurutnya, Pemerintah Jepang juga berkomitmen untuk mempercepat pelaksanaan koridor East-West atau Fase 3 MRT Jakarta.

"Untuk koridor East-West, Pemerintah Jepang akan memfokuskan pada segmen DKI Jakarta sepanjang sekitar 23 kilometer dari Ujung Menteng hingga Tomang," jelasnya.

Selain membicarakan percepatan pembangunan fase 2 dan 3, kunjungan kerja tersebut juga berlangsung pemaparan perkembangan pembangunan kawasan berorientasi transit.

Sekaligus titik potensial investasi di jalur tersebut, serta market gathering and hearing terkait pekerjaan CP 205 dan CP 206 fase 2 MRT Jakarta.

"Selain dari MRT Jakarta, tim dari JICA juga menjelaskan tentang usulan kerangka kerja konsep transit-oriented development di Indonesia," pungkas William Sabandar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com