Tunnel 2 Kelar, Semua Terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tembus

Kompas.com - 23/06/2022, 18:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seluruh pengerjaan terowongan atau tunnel Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sudah berhasil ditembus. Jumlahnya sebanyak 13 tunnel.

Hal tersebut ditandai dengan tembusnya tunnel 2 yang berlokasi di Jatiluhur, Purwakarta, pada 17 Juni 2022 lalu.

Sebagaimana mengutip informasi dari unggahan akun Instagram resmi PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) pada Kamis, (23/06/2022).

"Kerja keras selama 1.182 hari akhirnya membuahkan hasil dengan lahirnya Tunnel 2 ini yang memiliki panjang tunnel 1.040 meter," tulis akun tersebut.

Baca juga: Produksi Slab Track Kereta Cepat Jakarta–Bandung Rampung Dikerjakan

Tunnel 2 Kereta Cepat Jakarta-Bandung merupakan bagian pengerjaan tersulit. Karena adanya faktor geologis dari lahan yang berbahan tanah lempung atau clay shale.

Sehingga daya dukung tanah di lokasi tersebut dapat turun hingga 80 persen.

Untuk itu, dilakukan mitigasi penanganan mengunakan metode surface grouting, sehingga potensi runtuhan tidak terjadi.

Pengerjaan tunnel 2 Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah selesai dan berhasil ditembus. Tangkap Layar Instagram PT KCIC Pengerjaan tunnel 2 Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah selesai dan berhasil ditembus.
Mengutip dari pemberitaan Kompas.com, Presiden Direktur PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menyampaikan, seluruh terowongan proyek kereta cepat sebanyak 13 tunnel sudah tembus.

"Tunnel 2 merupakan tunnel terakhir dari 13 tunnel yang ada di KCJB yang berhasil ditembus," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (21/06/2022).

Baca juga: Mulai Dipasang, Ini Jenis Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Dia melanjutkan, tembusnya seluruh terowongan ini menjadi salah satu progres penting agar dapat mempercepat pembangunan KCJB.

Setelah seluruh terowongan tembus, KCIC akan fokus ke konstruksi lainnya, yaitu elevated track dan subgrade.

"Kami mengupayakan semaksimal mungkin agar target pembangunan dan operasional bisa terwujud sesuai dengan yang sudah ditetapkan," pungkasnya.

 

Penulis: Isna Rifka Sri Rahayu | Editor: Aprillia Ika

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.