Proyek Taman Literasi Martha Christina Tiahahu Sudah 80,8 Persen

Kompas.com - 29/06/2022, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Taman Literasi Christina Martha Tiahahu telah mencapai 80,8 persen penyelesaian.

Perkembangan proyek Taman Literasi Martha Christina Tiahahu telah mencapai 80,8 persen penyelesaian.PT MRT Jakarta Perkembangan proyek Taman Literasi Martha Christina Tiahahu telah mencapai 80,8 persen penyelesaian.

Hal ini menyusul unggahan Twitter resmi PT Mass Rapid Transit (PT MRT) Jakarta @mrtjakarta pada Rabu (29/6/2022).

Untuk diketahui, pembangunan Taman Literasi Christina Martha Tiahahu dicanangkan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan dalam acara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93, Kamis (28/10/2021).

Taman ini merupakan pengembangan kawasan berorientasi transit Blok M-Sisingamangaraja yang menghadirkan konsep ruang publik untuk mendukung gerakan literasi di Jakarta.

Revitalisasi taman ini juga akan menambah luas area hijau sebesar 11 persen dari kondisi sekarang.

Baca juga: Lapangan Banteng Kembali Hadirkan Pertunjukan Air Mancur Akhir Pekan

Proyeknya dibangun di atas lahan seluas 9.710 meter persegi dengan fitur seperti paviliun literasi, selasar pandang, galeri, amphitheatre, taman plaza, taman bermain, forest walk, hingga kolam teratai.

Selain itu, sejumlah fasilitas pendukung seperti perpustakaan, ruang baca, diskusi, toko buku, kedai kopi, musala, dan kantor akan disediakan di area taman.

Adapun sebelumnya, proyek ini ditargetkan bisa rampung dalam delapan bulan pengerjaan atau siap digunakan pada bulan Juni 2022.

“Pembangunan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu merupakan salah satu komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam penyediaan ruang publik sebagai wadah interaksi dan rekreasi masyarakat Jakarta yang bersifat inklusif," jelas Anies, mengutip laman resmi MRT Jakarta.

Menurut Anies, tingginya pertumbuhan literasi masyarakat Jakarta perlu diimbangi dengan penyediaan fasilitas yang dapat mendukung budaya literasi masyarakat.

Baca juga: Taman Hiburan Bertema Upin & Ipin Bakal Buka Tahun 2024

“Saya berharap dengan adanya Taman Literasi Christina Martha Tiahahu ini dapat menumbuhkan minat baca, tukar pikiran, maupun gagasan," tambah Anies.

Sementara itu, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar menyampaikan, pembangunan dan pengelolaan kawasan berorientasi transit Blok M-Sisingamangaraja ini dilaksanakan oleh PT Integrasi Transit Jakarta yang berkolaborasi dengan stakeholder terkait lain.

“Dengan pembangunan kawasan transit, area perkotaan akan menjadi perpaduan fungsi transit dengan manusia, kegiatan, bangunan, dan ruang publik agar akses transportasi lebih optimal," papar William.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.