Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Membeli Selang Air untuk Taman

Kompas.com - 09/06/2022, 13:32 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selang air merupakan salah satu perkakas wajib yang harus Anda miliki di rumah terutama bila memiliki taman.

Dengan begitu banyak pilihan di pasaran, cukup banyak orang yang tergoda untuk memilih selang taman yang memiliki harga termurah.

Meskipun tak terlihat, namun perbedaan kecil saja dapat berdampak besar pada berapa lama selang bertahan dan seberapa mudah penggunaannya.

Baca juga: Tak Hanya Desain, Begini Panduan Cerdas Memilih Lampu Taman

Selang ari yang baik harus bertahan dalam kisaran waktu 5 hingga 10 tahun. Namun, tidak sedikit yang membeli selang berkualitas rendah sehingga harus menggantinya setiap tahun karena bocor atau retak.

Berikut tiga hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli selang air yang berkualitas.

1. Panjang Selang

Panjang selang taman yang tersedia di pasaran sangat bervariasi mulai dari 7 hingga 30 meter.

Sangat menggoda untuk membeli satu selang yang lebih panjang dan menggunakannya untuk semua kebutuhan penyiraman Anda di sekitar kebun.

Namun sebaiknya jangan lakukan itu. Selang yang lebih panjang tidak hanya lebih mahal, tetapi juga lebih berat untuk dipindahkan, membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan, dan dapat mengakibatkan tekanan air yang lebih rendah keluar.

Ukur jarak terjauh dari keran Anda dan belilah selang sesuai ukuran tersebut. Anda tidak ingin menarik selang untuk meregangkannya karena kemungkinan besar akan menyebabkan sobekan atau kebocoran.

Baca juga: Taman Renungan Bung Karno, Saksi Bisu Hari Lahirnya Pancasila

2. Diameter Selang

Diameter selang air yang paling umum ditemukan adalah 3⁄4 hingga 5⁄8 inci.Semakin besar diameternya, semakin banyak air yang akan dibawa selang.

Selang dengan diameter 5⁄8 inci umumnya paling berguna karena merupakan  kombinasi yang baik antara aliran air dan tekanan tanpa terlalu berat.


3. Bahan Selang

Selang yang terbuat dari bahan dasar vinil merupakan pilihan selang yang paling murah dan paling ringan tetapi tidak kokoh.

Bahan vinyl lebih rentan tertekuk, terbelah, dan retak dibandingkan bahan lainnya. Bahan ini juga mudah terdegradasi jika dibiarkan di bawah sinar matahari atau terkena cuaca buruk.

Sedangkan selang dari bahan karet merupakan pilihan yang paling kuat dan tahan lama. Bahan karet dapat membawa air panas, tidak mudah kusut, dan tahan terhadap keretakan sehingga merupakan pilihan terbaik.

Namun selang karet memiliki harga jual yang paling tinggi sehingga Anda harus menyiapkan dana yang lebih besar untuk membelinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com