Meski Tarif Tol Pondok Aren-Serpong Tak Naik, BSD Upayakan Pemenuhan SPM

Kompas.com - 29/06/2022, 18:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bintaro Serpong Damai (BSD) selaku pengelola ruas Jalan Tol Pondok Aren-Serpong tak menaikan tarif tol pada penyesuaian tarif mendatang.

“Dalam waktu dekat penyesuaian tarif untuk Ruas Tol Pondok Aren-Serpong akan diberlakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Nomor 569/KPTS/M/2022," kata Direktur Utama PT Bintaro Serpong Damai (BSD) Purwoto mengutip rilis, Rabu (29/6/2022).

Jelas Purwoto hal ini menyusul data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan angka inflasi Kota Tangerang Selatan selama 2 tahun hanya sebesar 2,46 persen.

"Penyesuaian ini dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan regulasi yang berlaku dengan skema perhitungan tarif lama yang disesuaikan dengan inflasi dan evaluasi terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol," tambah Purwoto.

Adapun tarif yang berlaku saat ini adalah Rp 7.000 untuk kendaraan golongan I, Rp 13.500 untuk golongan II dan III, serta Rp 16.000 untuk golongan IV dan V.

Baca juga: Meski Ada Kebijakan Penyesuaian, Tarif Tol Pondok Aren-Serpong Tak Naik

Sementara itu, terkait hal pemenuhan SPM di ruas Tol Pondok Aren-Serpong, pihak pengelola telah melakukan sejumlah pekerjaan.

Misalnya dengan menjaga nilai-nilai kekesatan dan nilai rata-rata ketidakrataan (IRI) Jalan Tol Pondok Aren-Serpong.

Lalu, PT BSD juga melakukan pemeliharaan rutin dengan cara patching di aspal yang berlubang dan pemeliharaan rutin dengan cara sealant di aspal yang retak.

Selain itu, pengelola juga melakukan survei kecepatan transaksi dan memperoleh rata-rata sebesar 1,58 detik.

Juga dilakukan survei jumlah antrean dengan perolehan rata-rata jumlah antrean sebanyak satu kendaraan.

Baca juga: Ada Pemeliharaan di Tol Jakarta-Tangerang, Catat Jadwal dan Lokasinya!

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.