Kompas.com - 28/05/2022, 11:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi akhirnya meresmikan  Rumah Sakit Tipe D di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, Jumat (27/5/2022).

Kehadiran RS ini merupakan bagian dari peningkatan fasilitas kesehatan yang dilakukan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP). Untuk diketahui rumah sakit ini berstatus sebagai Poliklinik Utama. 

Menurut Menhub, pembangunan RS ini merupakan salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh salah satu Badan Layanan Umum (BLU) yang ada di lingkungan Kemenhub. 

Baca juga: Dilengkapi Listrik dan Meubelair, Rusun ASN Politeknik KKP Sorong Siap Huni

“Saya mengapresiasi kolaborasi yang baik antara Kemenhub dengan Pemerintah Kota Makassar dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” Ujar Menhub seperti dikutip dari laman Kementerian Perhubungan

Lebih lanjut ia berharap, RS ini tidak hanya melayani para taruna/taruni, namun juga dapat melayani masyarakat umum di kota Makassar dan sekitarnya.

“Saya berharap kehadiran rumah sakit ni menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya di Indonesia,” jelas Menhub.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyambut baik atas dibangunnya fasilitas kesehatan RS PIP Makassar.

Ramdhan berharap, kehadiran RS PIP Makassar ini dapat menjadi bagian dari ketahanan kesehatan bagi masyarakat kota Makassar, terlebih di tengah pandemi Covid-19.

Rumah Sakit Umum tipe D PIP Makassar ini dapat melayani 13 layanan kesehatan. Beberapa layanan yang bisa dilakukan adalah Medical Check Up,  Pemeriksaan Kesehatan THT-Mata,  Instalasi Gawat Darurat (IGD) hingga Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

Rumah sakit PIP Makassar saat ini memiliki 62 Tenaga Medis yang terdiri dari 6 Dokter Spesialis, 11 Dokter Umum, 2 Dokter Gigi, 28 tenaga Perawat, 3 tenaga Bidan, dan 12 tenaga medis pendukung lainnya.

Baca juga: Tuntas Dibangun, Intip Dua Gedung Baru Politeknik Negeri Madura

BPSDM Perhubungan saat ini memiliki 23 pusat layanan kesehatan yang terdiri dari 6 (Enam) unit Klinik Utama dan 16 (enam belas) klinik pratama dan 1 unit pusat layanan kesehatan berupa Rumah Sakit Umum tipe D yaitu RS PIP Makassar.

Turut hadir pada acara peresmian RS PIP Makassar yakni Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Djoko Sasono, Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri, serta para pejabat pemerintahan Kota Makassar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.