Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Interior Rumah Sakit Bisa Memicu Kesembuhan Pasien, Seperti Apa?

Kompas.com - 20/05/2022, 20:25 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan warna yang tepat dalam desain interior rumah sakit dapat menciptakan lingkungan yang mendorong kesembuhan pasien.

Sebab, warna merupakan salah satu elemen healing environment. Di mana mampu menciptakan suasana positif dan nyaman bagi pasien di rumah sakit.

Hal tersebut disampaikan oleh Pakar Desain Interior Rumah Sakit, Dina Hartadi, dalam Webinar Inovasi Interior Publik, Kamis (19/05/2022).

"Warna ini sangat penting sebagai interior rumah sakit, selain itu juga paling murah biayanya (menggunakan cat)," ujarnya.

Baca juga: Bisa Picu Kesembuhan Pasien, Begini Desain Interior Rumah Sakit yang Baik

Healing color akan berguna untuk mereduksi tekanan dan stres pada pasien. Selain itu mendukung style interior ruangan. Contohnya warna-warna pastel serta lembut.

"Kalau ingin ruang lobi tenang, maka mungkin color rendering nya yang netral. Tapi jangan abu-abu atau cenderung gelap," tandas Dina Hartadi.

Selain itu misalnya untuk rumah sakit anak, maka warna yang menunjang penyembuhan harus cheerfull (ceria). Yakni prime color seperti merah, kuning, serta hijau.

Akan tetapi, harus berhati-hati apabila menggunakan warna merah. Karena warna tersebut berasosiasi dengan darah.

"Atau warna hitam yang biasanya terlalu kuat intensitasnya, sehingga tidak nyaman di mata. Atau pun juga berkonotasi dengan kematian," tuturnya.

"Umumnya rumah sakit yang kami desain pasti ada cat sampai 20 warna, karena setiap ruangan punya tujuan untuk menciptakan healing colour masing-masing," terang Dina Hartadi.

Baca juga: Tahukah Anda, Warna Cat Ini Tak Baik Buat Kesehatan Mental?

Dia mencontohkan beberapa warna beserta konotasinya. Seperti halnya merah yang berkaitan dengan energi tinggi hingga semangat.

Kemudian, oranye berkaitan dengan ekspresi emosional dan kehangatan. Kuning berkitan dengan optimisme, meningkatkan suasana hati, dan antusiasme.

Lalu, hijau berkaitan dengan penyembuhan dan pengasuhan. serta, biru yang berkaitan dengan relaksasi, penyembuhan, hingga ketenangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com