Kompas.com - 18/05/2022, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Palembang segera menambah jumlah kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk mengoptimalisasikan pengawasan arus lalu lintas (lalin) kendaraan bermotor.

Berdasarkan informasi Kepala Satlantas Polrestabes Palembang Rendy S Aditama, ada lima hingga tujuh unit kamera ETLE baru yang segera dipasang dalam beberapa waktu ke depan.

Pemasangan tersebut masing-masing dilakukan sebanyak dua set ETLE di Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Sukarami.

Kemudian, satu set di Jalan Demang Lebar Daun, Kecamatan Ilir Barat 1, dan satu set di kawasan Nilakandi, Kecamatan Ilir Timur II.

“Semua dilakukan secara bertahap sementara titik itu dulu untuk lokasi-lokasi lainnya akan disusulkan,” ucapnya dikutip dari Antara, Rabu (18/5/2022).

Dia memastikan, kamera ETLE tersebut berfungsi merekam semua aktivitas pergerakan kendaraan bermotor sama seperti sembilan set kamera yang lebih dahulu telah terpasang awal tahun 2021.

Baca juga: 7 Ruas Tol Ini Dipasangi Alat Pemantau Kendaraan ODOL, 1 April ETLE Berlaku

Melalui kemanfaatan kamera tersebut diharapkan agar arus lalin di semua kawasan perlintasan padat kendaraan Kota Palembang dapat terawasi secara maksimal.

Pengawasan itu dilakukan oleh aparat kepolisian lalu lintas, Dinas Perhubungan (Dishub), dan instansi terkait lain selama 24 jam setiap harinya.

Kemudian, nantinya diikordikasikan secara terpusat di Regional Trafic Management Center (RTMC) Polda Sumsel.

“Jumlah personel di lapangan pun juga dapat dikurangi dengan semakin banyaknya terpasang kamera ETLE dan mengefisiensikan penindakan pelanggaran lalin," Rendy.

Adapun sembilan titik yang sebelumnya telah dipasang kamera ETLE di kota pempek itu sebagai berikut:

  1. Simpang 5 DPRD Sumsel
  2. Jalan Veteran dekat Simpang charitas
  3. Jalan Ahmad Yani simpang 8 Ulu
  4. Jalan Jenderal Sudirman dan SPBU Pahlawan
  5. Jalan Kolonel H Burlian depan Trakindo
  6. Jalan R Soekamto seberang Hotel Novotel
  7. Jalan GHA Bastari depan halte Bank Sumsel Babel
  8. Jalan KH Wahid Hasyim arah Kertapati
  9. Depan Makorem 044/Gapo
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.