Kompas.com - 18/05/2022, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menerapkan masa konsesi kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk pengoperasian jalan bebas hambatan yang berlangsung puluhan tahun.

Meski dibangun swasta hingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN), jalan tol sebenarnya tetap milik negara dan operator hanya mendapatkan konsesi.

Konsesi merupakan pemberian hak, izin, atau tanah oleh pemerintah, perusahaan, individu, atau entitas legal lain.

Baca juga: Mengenal Singing Road, Jalan Tol Bernada Penghilang Kantuk

Rata-rata, masa konsesi pengoperasian jalan tol di Indonesia di atas 30 tahun untuk mempertimbangkan pengembalian modal investasi yang sudah dikeluarkan.

Bahkan, Pemerintah bisa memberikan masa konsesi jalan tol menjadi 50 tahun demi memberikan peluang pengembalian modal lebih tinggi kepada operator.

Pemberian masa konsesi jalan tol menjadi 50 tahun sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN).

Dalam beleid ini, penyedia infrastruktur diberikan konsesi paling lama 50 tahun. Sedangkan saat ini, masa konsesi yang diberikan kepada BUJT rata-rata selama 35-40 tahun.

Sementara, uang yang yang masuk dari pembayaran tarif tol nantinya digunakan sebagai pengembalian investasi.

Selain itu, pengembalian investasi didapatkan dengan kenaikan rutin tarif tol yang disesuaikan dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM).

Baca juga: Keberhasilan One Way Jadi Alasan Tarif Tol Gratis Ditiadakan

Lantas, kapan jalan tol bisa gratis?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.