Kompas.com - 18/05/2022, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pengembangan dan pembangunan eko-wisata di kawasan Bowosie mendapatkan dukungan dari masyarakat adat Kampung Lancang di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pengembangan dan pembangunan eko-wisata itu akan dilaksanakan oleh pemerintah pusat melalui Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF).

"Jika tanah ini dibangun untuk pariwisata justru kami dukung, karena itu milik pemerintah," kata Ketua Adat Golo Lancang Theodorus Urus dilansir Antara, Rabu (18/5/2022).

Theodorus menilai, pembangunan dan pengembangan kawasan eko-wisata itu nantinya berimbas bagi anak-anak muda warga Lancang dan Manggarai Barat agar bisa bekerja di lokasi tersebut.

Pada dasarnya, kata Theodorus, dirinya dan masyarakat Lancang mendukung penuh rencana pemerintah untuk mengelola lokasi Bowosie.

Namun, di sisi lain, dia menyesalkan langkah pemerintah yang justru membiarkan adanya kelompok tertentu melakukan perambahan.

Baca juga: Ini Pentingnya Pemetaan Tanah Masyarakat Adat di Papua dan Papua Barat

"Kita kesal karena lahan hutan dirusak oleh kelompok masyarakat yang bukan warga Nggorang ataupun Golo Lancang," terangnya.

Dia bercerita, pihaknya telah bertemu Gusti Dula (mantan bupati Manggarai Barat) pada tahun 2018 yang disertai dengan pernyataan sikap terkait lahan hutan yang dirambah orang lain.

Namun, hingga saat ini, lanjutnya, pemerintah seakan kalah dengan para perambah hutan tersebut.

Sementara itu, dia tidak keberatan jika BPOLBF yang menata hutan Bowosie asalkan bisa bersosialisasi terlebih dahulu dengan masyarakat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.