Kompas.com - 17/05/2022, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan penataan kawasan kumuh Kelayan Barat di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Tampilan terkini kawasan Kelayan Barat, Kota BanjarmasinKementerian PUPR Tampilan terkini kawasan Kelayan Barat, Kota Banjarmasin

Melansir unggahan Twitter Kementerian PUPR @KemenPU, Selasa (17/5/2022), Kelayan Barat kini telah bertransformasi menjadi area yang memesona.

Dilakukan sejak April 2020 hingga Desember 2021 melalui program Kotaku.

Penataan kawasan dilakukan dengan pendekatan kolaboratif untuk mengurangi aspek kumuh di lokasi padat penduduk dan mendukung sektor wisata.

Beberapa pekerjaan yang dilakukan, antara lain pile slab siring, drainase, drop off area, plaza, amfiteater, lapangan futsal mini, gerbang kawasan, dan area parkir.

Baca juga: Rest Area Gunung Mas Bisa Jadi Model Penataan Kawasan Strategis Nasional

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan penataan kawasan Kelayan Barat merupakan contoh baik kolaborasi pusat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin.

"Tujuannya, mengubah kawasan kumuh ini supaya tidak kumuh lagi. Kami Kementerian PUPR membantu Wali Kota untuk menata kawasan, ini kolaborasi yang sangat bagus sekali," tutur Basuki dalam siaran pers, Kamis (21/10/2021).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau kawasan Kelayan Barat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.Dok. Kementerian PUPR Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau kawasan Kelayan Barat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Sebut Menteri Basuki, dulu Kelayan Barat merupakan kawasan yang memiliki banyak permasalahan.

Misalnya seperti kualitas keteraturan bangunan yang buruk karena terletak di bantaran sungai serta belum optimalnya sistem sanitasi dan aksesibilitas.

Oleh karena itu, tujuan penataan kawasan kumuh di kawasan ini juga dilakukan untuk mengubah tampilannya menjadi layak huni serta membangkitkan peluang ekonomi.

Baca juga: Penataan Stasiun Kota MRT Jakarta Disayembarakan, Seperti Apa?

Selain itu, 36 rumah turut diperbaiki melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di wilayah tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.