Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penataan Stasiun Kota MRT Jakarta Disayembarakan, Seperti Apa?

Kompas.com - 06/02/2022, 11:12 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta bekerja sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta, menyelenggarakan sayembara Desain Stasiun Kota MRT Jakarta.

Sayembara ini seiring dengan pembangunan MRT Fase 2A khususnya di Stasiun Kota yang berdekatan dengan Kota Tua.

Ketua IAI Jakarta Doti Windajani mengatakan, pihaknya mendukung MRT Jakarta agar memperoleh desain terbaik dari arsitek-arsitek di Jakarta.

Mengingat stasiun yang direncanakan berlokasi di Kota Tua, sehingga perlu analasis yang kuat sebagai bagian Heritage Urban Landscape (HUL).

Baca juga: Fasilitas Baru Kawasan Bundaran HI, Ada Galeri Sejarah hingga Terowongan Pejalan Kaki

"Ketertautan dengan lingkungan sekitar berikut linkage system-nya sebagai bagian integrated public space di Kota Tua. Semoga Kota Tua Jakarta hidup kembali," ujar Doti kepada Kompas.com, Minggu (06/02/2022).

Melansir dari laman resmi IAI Jakarta, Kota Tua memiliki nilai sejarah dan menjadi Kawasan Cagar Budaya, maka diperlukan penyesuaian terhadap desain stasiun MRT di Stasiun Kota.

Sayembara ini sejalan dengan keseriusan MRT Jakarta dalam misi pewarisan budaya di DKI Jakarta dan terwujudnya Stasiun Kota yang ikonik.

Hal ini juga bertujuan menumbuhkan awareness publik terhadap pembangunan MRT Jakarta serta keterlibatan masyarakat yang kompeten dalam penyampaian aspirasi serta ide-ide untuk Stasiun Kota MRT Jakarta.

Untuk pendafataran bisa diakses melalui laman resmi IAI Jakarta. Mulai 3-8 Februari 2022, dimulai pendaftaran peserta sekaligus konfirmasi kehadiran Aanwijzing.

Sebab, Aanwijzing akan dilaksanakan pada 9 Februari 2022 secara hybrid (offline dan online). Namun, peserta diharapkan dapat hadir di lokasi acara.

Kemudian, untuk pendaftaran peserta Aanwijzing, pengambilan dokumen, dan pemasukan (penyerahan) materi sayembara.

Adapun proses penjurian 1 akan dilakukan pada 12 Maret 2022 untuk penentuan tiga besar. Kemudian pada 14 Februari 2022 dilakukan pengumuman tiga terbaik.

Selanjutnya untuk penjurian 2 akan dilakukan pada 19 Maret 2022 untuk presentasi tiga besar (animasi).

Pengumuman pemenang I, II, dan III serta penyerahan penghargaan dilakukan pada 21-22 Maret 2022 mendatang. 

Hadiah sayembara untuk Juara Pertama senilai Rp 160 juta, Juara Kedua Rp 80 juta, dan Juara Ketiga Rp 50 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com