Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Paling Diincar Para Pembeli Rumah, Apa Saja?

Kompas.com - 06/02/2022, 09:52 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Agar memperoleh rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian pencari hunian.

Adapun tujuannya adalah untuk menunjang kegiatan sehari-hari dan hidup dalam jangka waktu yang lama di lingkungan tersebut.

Dikutip dari The Constructor, Sabtu (5/2/2022), berikut 4 hal yang paling diincar oleh para pembeli rumah dalam mencari tempat tinggal.

Lokasi

Menurut Bank of America’s 2021 Homebuyer’s Insight Report, lokasi menjadi faktor utama yang paling dicari oleh pembeli rumah.

Dilaporkan bahwa sekitar 51 persen masyarakat berusia di bawah 30 tahun dan 31 persen masyarakat berusia di atas 55 tahun mencari lokasi yang memiliki rasa kebersamaan kuat melalui hubungan baik dengan tetangga sekitar.

Baca juga: Pindah ke Rumah Baru, Tengok Kamar Mandinya, Bersihkan dengan Cara Ini

Ini adalah aspek yang paling penting bagi pembeli dan juga yang paling penting bagi pengembang.

Karenanya, pengembang wajib melakukan lebih banyak penelitian terhadap masyarakat sebelum membangun properti.

Ruang untuk bekerja di rumah

Selama pandemi, permintaan akan rumah yang lebih terbuka tercatat menurun dibanding permintaan untuk rumah dengan ukuran lebih kecil.

Secara khusus, permintaan telah tumbuh untuk rumah dengan satu atau dua kamar yang lebih kecil dan dapat dengan mudah diubah menjadi ruang kantor.

Idealnya kamar-kamar ini memiliki jendela yang menghadap ke timur untuk memberikan cahaya masuk dan jauh dari ruang tamu untuk memastikan ruangan akan tetap tenang.

Baca juga: Bingung Beli Rumah Bekas atau Baru? Cermati Dulu Hal Ini

Fitur cerdas

Para pembeli rumah berusia muda ingin memiliki hunian yang dilengkapi dengan teknologi pintar yang tersedia.

Misalnya adalah sistem keamanan pintar dengan penjualannya yang diperkirakan akan tumbuh 7 persen YoY pada tahun 2021-2026.

Hal ini didukung oleh pentingnya penggunaan sistem keamanan pintar terlebih pada rumah yang berlokasi di area dengan tingkat kejahatan tinggi.

Perawatan yang terjangkau

Penelitian yang dilakukan oleh Bankrate menemukan bahwa 21 persen milenial yang membeli rumah secara signifikan meremehkan biaya yang terkait dengan pemeliharaan rumah mereka.

Banyak responden juga mengklaim bahwa mereka akan berpikir dua kali tentang melakukan pembelian jika telah menyadari biaya yang harus dikeluarkan untuk pemeliharaan.

Oleh karena itu, saat ini pembeli menginginkan rumah yang dibangun agar tahan lama dan hemat energi.

Pengembang bisa menarik pembeli dengan menjual rumah berukuran lebih kecil, tetapi dibangun dengan kualitas yang baik dan tahan lama karena akan lebih diincar saat ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com