Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pindah ke Rumah Baru, Tengok Kamar Mandinya, Bersihkan dengan Cara Ini

Kompas.com - 03/02/2022, 16:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak hal yang harus dipersiapkan ketika kita pindah ke rumah baru, mulai dari perabotan hingga proses membersihkan setiap sudut rumah.

Terlebih mengingat banyak puing-puing, debu dan kotoran yang masih tertinggal, termasuk di area kamar mandi.

Melansir The Spruce, Kamis (3/2/2022), simak tips buat kamar mandi rumah baru Anda jadi bersih secara menyeluruh berikut ini.

Mulai dari atas

Langkah pertama adalah dengan memulai proses pembersihan dari ruang atas kamar mandi dan bergerak ke bawah.

Bersihkan sarang laba-laba dan debu dari langit-langit, sudut, ventilasi, exhaust fan serta perlengkapan lampu kamar mandi.

Baca juga: Mengapa Kamar Mandi Membutuhkan Exhaust Fan? 

Gunakan tongkat teleskopik vakum untuk menjangkau area tinggi yang sulit dijangkau untuk hasil bersih menyeluruh.

Area jendela dan lemari

Untuk area jendela, gunakan pembersih serbaguna pada kusen jendela guna mengatasi jamur atau lumut yang mungkin ditemukan.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan campuran pemutih berbahan klorin dengan air hangat dan gosok jamur menggunakan sikat gigi atau spons abrasif.

Jika kamar mandi dilengkapi dengan penutup jendela seperti kerai, vakum bagian tersebut terlebih dahulu untuk menghilangkan debu lalu gosok dengan campuran cairan pencuci piring dan air.

Sedangkan pada area lemari, lap bagian dalam dan luar lemari serta laci meja rias menggunakan kain bersih yang telah dibasahi dengan cairan pembersih sebaguna. Tidak lupa untuk membersihkan bagian lain, seperti gagang dan kenop lemari.

Bak mandi dan pancuran

Selanjutnya adalah proses membersihkan bak mandi dan pancuran air. Gunakan pembersih serbaguna untuk menghilangkan debu dan kotoran di permukaan serta gunakan pembersih non-abrasif untuk bak mandi yang diglasir ulang.

Selain itu, untuk membuat pintu kaca kamar mandi nampak mengkilap, gunakan larutan cuka dan cairan pencuci piring. Biarkan larutan bekerja selama 30 menit dan bilas hingga bersih menggunakan kain atau spons.

Baca juga: Tiru Langkah Ini agar Kamar Mandi Anda Bebas Bau 

Lebih lanjut, jika bilik pancuran terbuat dari ubin atau batu, sebaiknya gunakan pembersih batu yang telah diformulasikan khusus untuk menghilangkan buih sabun.

Disinfeksi toilet dan wastafel

Meskipun baru, toilet tetap harus dibersihkan dan disempurnakan dengan disinfeksi. Gunakan spons atau tisu untuk membersihkan bagian luar, belakang dan gagang toilet yang dibasahi dengan larutan pembersih disinfektan.

Selanjutnya adalah membersihkan tangki toilet yang dapat membantu mengurangi jamur, karat dan kotoran untuk menghindari kerusakan atau menyebabkan bau.

Tuangkan cuka ke dalam tangki toilet dan biarkan selama 12 jam untuk melarutkan kotoran.

Lalu, siram larutan cuka agar bersih sepenuhnya sambil menggosok bagian dalam dinding tangki dengan air biasa atau pembersih serbaguna jika tangki masih kotor.

Sementara pada wastafel, gunakan pembersih non-abrasif dan gosok menggunakan sikat gigi bekas. Bersihkan juga cermin kamar mandi dengan menggunakan pembersih khusus kaca.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com