Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Panduan Membersihkan Ubin Kamar Mandi dengan Bahan Alami

Kompas.com - 01/01/2022, 17:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Real Homes

KOMPAS.com – Lantai atau ubin adalah hal utama di kamar mandi yang harus dibersihkan secara rutin.

Pasalnya, bagian tersebut paling sering terkena air dan kotoran ketika sedang digunakan dan akan lebih cepat terasa licin.

Ada banyak produk pembersih ubin kamar mandi yang direkomendasikan untuk digunakan. Sayangnya, beberapa dari produk tersebut sering kali bisa merusak grouting ubin.

Adapun grouting adalah fluida padat yang digunakan untuk mengisi celah atau digunakan sebagai penguat pada struktur ubin.

Agar ubin kamar mandi tetap bersih tanpa merusak strukturnya, simak panduan membersihkan ubin kamar mandi menggunakan bahan alami berikut ini, dilansir dari Real Homes, Sabtu (1/1/2021).

Bahan yang pertama bisa Anda gunakan adalah lemon. Buah ini memiliki sifat asam alami yang sangat baik untuk membersihkan ubin kamar mandi.

Caranya adalah, isi botol semprot dengan air lemon dan semprotkan ke ubin kamar mandi secara meneyluruh.

Biarkan beberapa saat sebelum menyekanya dengan menggunakan kain lembap, spons atau siram dengan air hangat.

Selain lemon, ubin kamar mandi juga bisa dibersihkan dengan menggunakan cuka. Untuk diketahui bahwa cuka putih memiliki sifat disinfektan alami yang hebat bekerja untuk membersihkan ubin.

Langkahnya adalah dengan mencampurkan setengah cangkir cuka putih ke dalam satu liter ait hangat ke dalam botol semprot.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa merendam kain mikrofiber ke dalam campuran air cuka putih untuk membersihkan ubin. Setelah itu bilas ubin dengan air hangat.

Namun perlu diingat, Anda tidak bisa menggunakan cuka putih untuk lantai berbahan marmer, granit dan travertine karena bisa merusak strukturnya.

Sedangkan bahan alami yang terakhir adalah soda kue. Soda kue mengandung natrium bikarbonat yang bisa menjadi pembersih ubin efektif, bahkan untuk noda membandel pada grouting.

Lebih lanjut, campurkan dua sampai tiga cangkir soda kue dengan sedikit air dan taburkan pada lantai ubin.

Kemudian, gosok ubin dengan sikat gigi bekas atau spons untuk membantu menghilangkan noda membandel.

Terakhir, tambahkan air lemon pada ubin dan bilang dengan menggunakan air hangat untuk hasil mengkilap.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Real Homes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com