Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urai Kemacetan, Pemkab Genjot Konsep Penataan Kawasan Bogor Barat

Kompas.com - 23/02/2022, 12:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat terus menggenjot konsep penataan kawasan Bogor Barat untuk mengurai kemacetan.

Konsep ini disusun oleh Tim Penataan Kawasan Dramaga oleh Pemkab Bogor dan bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Adapun poin yang dikaji bersama adalah terkait pembukaan jalan baru sampai dengan pembangunan jalan tol.

“Penanganan jangka menengah pembukaan trase jalan baru untuk Dramaga-Laladon Segmen Dua, jangka panjangnya mendorong pemerintah pusat membangun jalan tol,” jelas Anggota Tim Percepatan Pembangunan Strategis Kabupaten Bogor Saepudin Muhtar, dilansir dari Antara, Rabu (23/2/2022).

Konsep trase Jalan Dramaga-Laladon Segmen Dua memiliki panjang sekitar 6.000 meter dan harus melalui pembebasan lahan untuk membuka jalan tersebut.

Baca juga: Mulai 19-20 Februari, Bogor Berlakukan Ganjil Genap, Catat 6 Titiknya

Jalan Dramaga-Laladon Segmen Dua akan terkoneksi dengan enam ruas jalan, yakni Pasar Dramaga-Petir, Cihideung-Situ Daun-Gunung Malang, Cibanteng-Sinagar, Cinangneng-Tenjolaya, Tegal Waru-Cinangka dan Cikampak-Gunung Picung.

Terkait hal ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin meminta tim gabungan untuk merampungkan konsep penataan wilayah Bogor Barat pada akhir Februari 2022.

Ini dilakukan agar kajian dapat kembali dirapatkan bersama dengan Pemkab Bogor, IPB University serta pemerintah pusat pada awal Maret 2022.

“Akhir bulan ini diharapkan konsep sudah jadi karena awal bulan akan dirakorkan oleh Bupati Bogor dan Rektor IPB bersama pemerintah pusat. Konsep ini sangat penting untuk penataan tata ruang di Kabupaten Bogor,” jelas Burhan.

Kemudian, Pemkab Bogor juga mendorong pemerintah pusat untuk merealisasikan wacana pembangunan jalan tol dari Bogor Outer Ring Road (BORR) tembus ke Dramaga yang tepatnya berada dekat gerbang kampus IPB University.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com