Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Efektif Bersihkan Kursi Plastik Putih yang Tampak Kusam

Kompas.com - 17/05/2022, 11:26 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kursi plastik putih merupakan salah satu pilihan furnitur yang cocok ditempatkan baik di dalam maupun luar rumah Anda.

Kursi plastik memiliki yang lebih murah daripada jenis furnitur luar ruangan lainnya, karena banyak yang terbuar dari plastik daur ulang.

Selain memiliki bobot yang ringan dan tahan banting di segala cuaca, tampilan kursi plastik putih juga sangat elegan.

Namun salah satu kelemahan dari kursi plastik putih adalah cepat kusam dan kotor sehingga tak enak dipadang. Terlebih bila kursi tersebut diletakkan di luar ruangan.

Baca juga: Mengenal Kursi Ergonomis, Furnitur Penunjang Produktivitas Kerja

Untungnya Anda bisa membersihkan material plastik dengan mudah dan hanya membutuhkan beberapa bahan saja.

Seperti dikutip dari The Spruce, beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan kursi plastik adalah soda kue dan deterjen.

Proses pembersihan bisa dilakukan dengan mencampur air dengan deterjen. Masukan campuran larutan ini ke dalam botol semport dan sempot permukaan kursi. 

Setelah itu, lap kursi dengan bantuan kain lalu bilas dengan air bersih. Langkah ini sangat penting dilakukan untuk menghilangkan debu. 

Selanjutnya, buatlah pasta pembersih dengan mencampurkan air hangat dan soda kue. Oleskan seluruh permukaan kursi dengan pasta tersebut dari atas ke bawah menggunakan spons atau sikat nilon berbulu halus.

Bila ada area di kursi yang terkena noda, taburkan sedikit soda kue kering pada spons lalu gosok untuk membantu mengangkat noda.

Ketika kursi bersih dair kotaran, bilas dengan air. Kemudian keringkan dengan handuk mikrofiber atau letakkan di bawah sinar matahari agar kering.

Baca juga: Singkirkan Jamur dari Kursi, Pintu, dan Jendela Kayu dengan Cara Ini

Jangan gunakan cairan pembersih abrasif apa pun atau kawat cuci piring saat membersihkan kursi plastik. Produk berbahan keras akan menggores plastik dan justru membuat kotoran mengendap di sana.

Setelah kursi Anda kembali bersih dan putih, lakukanlah perawatan dengan makismal. Jangan tinggalkan kursi di bawah pohon yang memiliki banyak daun atau bunga gugur.

Anda juga bisa menggunakan paying taman untuk membantu melindungi kursi saat diletakkan di luar terutama dari paparan sinar matahari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com