Kompas.com - 16/05/2022, 11:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comJalan tol adalah infrastruktur konektivitas yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat karena mampu memangkas waktu tempuh perjalanan.

Sebagai salah satu infrastruktur penting yang tengah digenjot pengadaannya di seluruh wilayah Indonesia, jalan tol harus mendapatkan pemeliharaan rutin hingga perbaikan, sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Namun pernahkah terpikir, kapan seharusnya jalan tol yang baru dibuka untuk publik harus mendapatkan pemeliharaan?

Pengamat Perkerasan Jalan dan Aspal yang pernah menjabat sebagai Direktur Bina Teknik Bina Marga Kementerian PUPR Purnomo menjelaskan, waktu pemeliharaan jalan tol tergantung pada bahan penyusunnya.

Untuk diketahui, terdapat dua jenis bahan penyusun jalan tol, yakni dari aspal atau perkerasan fleksibel dan dari beton atau perkerasan rigid.

Baca juga: Perkerasan Aspal dan Beton di Jalan Tol, Apa Bedanya?

Purnomo memaparkan umur rencana perkerasan fleksibel adalah 20 tahun, sedangkan perkerasan rigid sekitar 40 tahun.

Jelas Purnomo, apabila pelaksanaan konstruksi dilakukan dengan benar, maka dalam sepertiga umur rencana seharusnya jalan tol tidak perlu mendapatkan perbaikan.

“Jadi misal gini, kok ada perkerasan fleksibel tapi 7 tahun sudah rusak, pasti ada yang tidak beres,” ungkap Purnomo saat dihubungi Kompas.com, Rabu (27/4/2022).

Hal yang sama juga terjadi pada perkerasan rigid. Apabila dalam waktu 15 tahun sudah ada perbaikan, maka desain atau pelaksanaan proyeknya tidak dilaksanakan dengan benar.

Agar pengendara merasa nyaman dalam berkendara dan terhindar dari kecelakaan, konstruksi jalan tol harus memperhatikan International Roughness Index (IRI).

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Fungsi 4 Lajur Jalan Tol

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.