Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2,6 Juta Kendaraan Manfaatkan Tol Trans-Sumatera Selama Mudik Lebaran

Kompas.com - 11/05/2022, 11:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 2,6 juta kendaraan tercatat manfaatkan ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) yang dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero) selama mudik Lebaran tahun ini atau pada 25 April-9 Mei 2022.

Melansir siaran pers, Rabu (11/5/2022), beberapa ruas tol yang turut berpartisipasi dalam mencetak capaian tersebut, antara lain Tol Bakauheni–Terbanggi Besar (Bakter), Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung (Terpeka), dan Palembang–Indralaya (Palindra).

Selain itu, ada Tol Pekanbaru–Dumai (Permai), Medan–Binjai, Ruas Binjai–Langsa Seksi 1 (Binjai–Stabat), Sigli–Banda Aceh (Seksi 2, 3 dan 4), serta ruas tol fungsional, yakni Bengkulu–Taba Penanjung dan Pekanbaru–Bangkinang.

Terkait hal ini, Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan (OPT) Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan, lonjakan lalu lintas (lalin) arus balik telah terjadi pada hari Minggu (8/5/2022).

“Total sebanyak 227.889 kendaraan melintas di seluruh JTTS pada Minggu dengan jumlah kendaraan yang meninggalkan Sumatera menuju Jawa sebanyak 73.182 kendaraan melalui Exit Gate Bakauheni Selatan dan Bakauheni Utara,” ungkap Dwi.

Baca juga: 46.902 Kendaraan Balik ke Jawa via GT Bakauheni Tol Trans-Sumatera

Menurutnya, berkat persiapan yang telah dilakukan di JTTS sejak H-2 bulan mudik berlangsung, tidak terjadi kepadatan kendaraan yang bisa menghambat perjalanan pemudik.

“Sejak H-2 bulan sebelum mudik, kami telah mempersiapkan berbagai pelayanan dan simulasi jalur alternatif agar tidak terjadi kemacetan yang dapat mengganggu kenyamanan pemudik,” tambah Dwi.

Rest area di Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS)Hutama Karya Rest area di Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS)
Beberapa langkah yang diambil, seperti penerapan sistem holding di rest area dengan mengarahkan kendaraan masuk ke rest area untuk mengurangi penumpukan di gerbang tol (GT) hingga jalur alternatif.

Selain itu, Hutama Karya juga menyediakan booth pembelian tiket ferry di rest area
bekerja sama dengan PT ASDP Ferry Indonesia (Persero), penambahan mobile reader & top up asongan hingga peringatan melalui VMS dan speaker di GT & rest area.

Lebih lanjut, beberapa persiapan lainnya adalah menyediakan informasi mudik secara lengkap dengan pembagian flyer dan buku panduan digital serta melalui website perusahaan dan aplikasi HK Toll Apps.

Baca juga: Kelar Jelang Lebaran, Ini Tiga Perbaikan di Tol Trans-Sumatera

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kepolisian, Dinas Perhubungan, ASDP, BNPB, Pemprov daerah setempat serta pihak-pihak terkait lainnya sehingga proses mudik Lebaran 1443 H berlangsung aman dan nyaman bagi semua pemudik,” pungkas Dwi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com