Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan di Ruas Sumedang-Cijelag Ambles, Penanganan Sementara Tuntas Jelang Lebaran

Kompas.com - 16/03/2022, 19:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan amblas di ruas Sumedang-Cijelag dengan kedalaman 30 centimeter yang terjadi pada Rabu (09/03/2022) hingga saat ini telah ditangani pemerintah. 

Kerusakan jalan tersebut disebabkan oleh hujan yang turun hampir sepanjang malam sehingga terjadi penurunan badan jalan yang signifikan.

Jalan ambles yang berlokasi di Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, ini sempat mengakibakan tersendatnya arus lalu lintas dari Bandung menuju Cirebon ataupun sebaliknya.

"Jalur jalan nasional penghubung Cirebon-Bandung tersebut amblas dengan kedalaman 30 centimeter dan merusak akses jalan sepanjang 60 meter," kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta–Jawa Barat Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Wilan Oktavian, Rabu (16/03/2022). 

Baca juga: Jalan Rusak, Perwakilan Warga Desa di Sumut Temui Jokowi, Hasilnya?

Wilan menyebut pihaknya telah melakukan penanganan bersifat sementara di lokasi jalan amblas yaitu dengan menimbun material badan jalan menggunakan material timbunan pilihan.

“Telah diupayakan lalu lintas dapat fungsional dua lajur dengan memberikan timbunan di sisi badan jalan. Saat ini ruas jalan tersebut sudah fungsional dua lajur dan dapat dilewati baik dari arah Cirebon menuju Bandung ataupun sebaliknya,” ujarnya. 

Selain itu, dilakukan juga pemasangan tiang baja untuk menahan debris longsoran pada kedua sisi jalan dan pembuatan saluran penangkap air yang dialirkan keluar lokasi longsoran untuk mencegah lokasi longsoran jenuh air.

Beberapa alat berat juga telah diturunkan oleh Kementerian PUPR ke lokasi di antaranya ekskavator, tandem roller, dump truck dan mobil pick up untuk mendukung langkah penanganan.

“Sampai saat ini penanganan sementara di lapangan terus dilakukan oleh tim PPK bersama personil kontraktor dan padat karya untuk tetap menjaga fungsionalnya ruas jalan tersebut. Sedangkan untuk penanganan permanen saat ini masih dalam proses desain,” kata Wilan.

Penanganan sementara ditargetkan rampung pada H-10 Hari Raya Idul Fitri, sedangkan untuk penanganan permanen akan dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com