Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Rusak, Perwakilan Warga Desa di Sumut Temui Jokowi, Hasilnya?

Kompas.com - 07/12/2021, 06:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Enam warga Desa Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) usai temui Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (06/12/2021).

Mereka datang langsung menemui Presiden untuk menyampaikan aspirasi soal kondisi jalan di desanya yang memprihatinkan.

Setia Sembiring, salah satu warga yang datang mengatakan, jalan rusak tersebut berdampak pada warga enam desa dan tiga dusun di Liang Melas Datas.

"Jadi kami harapkan benar bantuan Bapak itu agar desa kami bisa ada perubahan dari dulunya menjadi agak lebih baik," jelasnya dikutip dari laman Setkab.go.id.

Baca juga: Banyak Jalan Nasional di Medan Rusak, Bobby: Akan Diperbaiki Ditjen Bina Marga

Dalam pertemuan tersebut, Presiden menyampaikan bahwa jalan rusak di Liang Melas Datas akan segera diperbaiki.

Bahkan, dia telah memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan perbaikan jalan tersebut.

Dan, telah ditindaklanjuti dengan pengecekan langsung di lapangan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara, Dirjen Bina Marga pada Minggu (5/12/2021).

"Tadi pagi katanya sudah mulai melihat lapangan, sudah mengukur, nanti sebentar lagi dikerjakan" kata Jokowi.

"Nanti sampaikan. Ini jalannya langsung dikerjakan. Nanti kalau jalannya jadi, saya ke sana. Sampaikan. Biar dikerjakan dulu, nanti (jalannya) jadi saya baru ke sana," cerus Jokowi.

Kondisi jalan di Desa Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera UtaraDok. Kementerian PUPR Kondisi jalan di Desa Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara
Kepala BBPJN Sumut, Selamat Rasidi mengatakan, jalan yang rusak tersebut berada pada ruas Kuta Bangun-Kuta Kendit sepanjang 32 kilometer dengan status jalan daerah (non-nasional).

Pihaknya pun pada Senin (06/12/2021) mulai melakukan pengukuran di lapangan dan membuat rencana tindak penanganan jalannya.

"Segera akan kami sampaikan hasil-hasilnya kepada masyarakat," imbuh Selamat Rasidi dilansir dari situs Kementerian PUPR.

Pemerintah Pusat akan bekerjasama dan memberikan dukungan penuh penanganan jalan bagi Pemerintah Daerah setempat dalam koridor peraturan yang berlaku.

Dukungan tersebut dilakukan Kementerian PUPR karena ruas jalan dinilai sangat penting bagi masyarakat, sehingga nanti Pemerintah Daerah bisa melanjutkan pemeliharaan jalan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com