Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang 2021, SMF Salurkan Rp 4,26 Triliun Dana KPR Subsidi

Kompas.com - 14/03/2022, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2021, PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF telah mengalirkan dana KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sebesar Rp 4,62 triliun.

Besar dana KPR yang diberikan oleh SMF tersebut berasal dari penyertaan modal negara (PMN) senilai Rp 2,5 triliun dan penerbitan surat utang.

Program ini merupakan sinergi SMF dengan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (BLU PPDPP) Kementerian PUPR.

“Dana PMN ini di-blended dengan dana dari penerbitan surat utang. Kemudian seluruhnya digunakan untuk mendukung program KPR FLPP dalam memenuhi target subsidi pembiayaan bagi 157.500 unit rumah bagi MBR tahun 2021,” jelas Sekretaris Perusahaan SMF Bonai Subiakto dalam keterangan resminya, Sabtu (12/3/2022).

Baca juga: Genjot Program Sejuta Rumah, Kementerian PUPR Bakal Gandeng SMF

Bonai mengatakan, SMF menyediakan 25 persen dari porsi penyaluran dana KPR FLPP. Sedangkan 75 persen porsi sisanya disediakan oleh BLU PPDPP.

Pada tahun 2021, total penyaluran dana KPR FLPP mencapai Rp 24,19 triliun untuk 178.828 unit rumah.

Porsi PPDPP (75 persen) sebesar Rp 19,58 triliun, terdiri dari dana APBN sebesar Rp16,62 triliun dan pengembalian pokok sebesar Rp 2,96 triliun. Porsi SMF sendiri sebesar 25 persen atau Rp 4,62 triliun.

Kehadiran SMF sebagai fiscal tools Kementerian Keuangan berhasul meringankan beban fiskal Pemerintah dengan membiayai porsi 25 persen pendanaan KPR FLPP. Pemerintah hanya menyediakan 75 persen dari total pendanaan FLPP dari semula sebesar 90 persen.

Baca juga: WSBK Kerek Penjualan Homestay di Desa Wisata yang Didanai SMF

Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF Heliantopo mengatakan bahwa realisasi penggunaan dana PNM Tahun 2021 pada SMF di Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 1.295 miliar untuk 9.742 unit rumah.

“Ini merupakan wujud  kehadiran negara untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah. Dana KPR subsidi ini berasal dari APBN yang digunakan demi kesejahteraan masyarakat Indonesia,” terang Heliantopo.

Heliantopo berharap dukungan SMF pada Program KPR FLPP ini juga akan memberikan efek berlipat (bagi sektor perumahan), sehingga dapat ikut menggerakkan 170 industri turunan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+