Kompas.com - 28/11/2021, 05:00 WIB
Sasak Lombok Bungalow, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Hilda B Alexander/Kompas.comSasak Lombok Bungalow, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lalu Mauluddin senang bukan kepalang tatkala pemesanan kamar Sasak Lombok Bungallow, terus mengalir saat perhelatan World Superbike (WSBK) 2021.

Tak main-main, penjualan penginapan yang berlokasi di Desa Wisata Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), ini mengalami lonjakan lebih dari 200 persen yang terjadi pada masa pra, saat event, dan pasca WSBK.

Menurut Lalu, pada pra-event seluruh 8 kamar yang ada, dipesan oleh para pekerja yang terlibat dalam pembangunan Pertaminan Mandalika International Street Circuit.

Sementara pada saat perhelatan, pemesanan datang dari para pelancong dan penggemar balap motor yang berasal dari Jakarta, dan kota-kota lainnya.

Baca juga: SMF Gandeng Pemkab Sumedang, Fasilitasi Pembiayaan Homestay

Dan pasca WSBK, kamar-kamarnya dipesan oleh turis-turis domestik dan asing yang ingin surfing serta menikmati panorama alam Lombok.

Tingginya tingkat penjualan ini memicu Lalu menaikkan harga sewa kamar. Dari sekitar Rp 150.000-Rp 200.000 menjadi sekitar Rp 400.000-Rp 600.000 per kamar per malam.

"Itu untuk short term ya. Sementara untuk harga long term sekitar Rp 800.000 sampai Rp 1 juta per bulan," ungkap Lalu, Jumat (26/11/2021).

Dengan pencapaian ini, Lalu pun berencana untuk melakukan ekspansi kamar homestay. Dia optimistis, tambahan kamar ini bisa memenuhi permintaan akan fasilitas akomodasi yang masih terbatas di sekitar Lombok.

Terlebih pada Maret tahun 2022 mendatang akan ada gelaran MotoGP yang tentunya merupakan peluang besar bagi Lalu untuk mendulang lebih banyak pendapatan.

"Saya senang ada event kelas internasional di sini. Setelah kami terpuruk karena sama sekali tidak ada tamu, WSBK membangkitkan kembali sektor pariwisata. Dan itu berdampak besar bagi kami," tutur Lalu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.