SMF Gandeng Pemkab Sumedang, Fasilitasi Pembiayaan "Homestay"

Kompas.com - 15/02/2021, 16:00 WIB
Penandatanganan nota kesepahaman antara PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang yang ditandatangani langsung oleh Direktur
Utama SMF Ananta Wiyogo, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, dan Ketua Umum Yayasan
Menuju Indonesia Emas (YMIE) Marsudi Wahyu Kisworo. Dok.P T Sarana Multigriya Finansial (Persero).Penandatanganan nota kesepahaman antara PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang yang ditandatangani langsung oleh Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, dan Ketua Umum Yayasan Menuju Indonesia Emas (YMIE) Marsudi Wahyu Kisworo.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang, Jawa Barat, dan Yayasan Masyarakat Indonesia Emas (YMIE).

Kerja sama tersebut dilakukan berupa pengembangan pariwisata daerah melalui pembiayaan pembangunan homestay, pendampingan, pemberdayaan masyarakat, pengawasan, serta pembinaan komunitas kelompok pariwisata.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, dan Ketua Umum YMIE Marsudi Wahyu Kisworo, Kamis (11/2/2021).

Ananta mengatakan, kerja sama dengan Pemkab Sumedang ini merupakan komitmen SMF untuk ikut mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) khususnya di sektor pariwisata melalui pembiayaan homestay.

Baca juga: SMF Biayai Program Homestay Kemenparekraf di Desa-desa Wisata

"Melalui pembiayaan homestay ini diharapkan sektor pariwisata di daerah Sumedang bisa kembali menggeliat dan memberikan dampak positif bagi daerah dan masyarakat sekitar,” ujar Ananta dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/2/2021).

Dia optimistis, berkembangnya homestay di Desa Wisata Kabupaten Sumedang akan
menjadi penggerak sektor wisata.

Hal ini tentunya dapat menumbuhkan potensi ekonomi baik bagi pemilik homestay maupun masyarakat sekitar.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir merasa bersyukur karena telah melakukan MoU pengembangan wisata di Kabupaten Sumedang melalui pembiayaan pembangunan homestay.

"Sumedang telah bertekad dan menetapkan pariwisata sebagai core bisnisnya. Oleh karena itu, harus dibangun ekosistem wisata, salah satunya penyediaan tempat menginap atau homestay di beberapa tempat wisata," tutur Dony.

Perlu diketahui, program pembiayaan homestay merupakan salah satu penugasan khusus Pemerintah kepada SMF.

Sejak tahun 2019, SMF telah bersinergi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam merealisasikan program kemitraan berupa pembiayaan homestay di Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) yang terletak di Jawa Tengah, Daerah Istimewaa Yogyakarta (DIY), dan Nusa Tenggara Barat (NTB).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X