Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMF Fasilitasi Pembiayaan Perumahan MBR di Tiga Kabupaten Jawa Timur

Kompas.com - 13/12/2021, 19:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF memberikan bantuan pembiyaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan berpenghasilan tidak tetap (non fixed income) di tiga Kabupaten Jawa Timur yaitu Jombang, Tulungagung dan Sidoarjo.

Direktur SMF Heliantopo mengatakan, kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen SMF untuk ikut terlibat aktif dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN) khususnya di sektor perumahan baik dari sisi supply maupun demand. 

Melalui kerja sama tersebut SMF akan memberikan dukungan untuk program perumahan dan permukiman atas Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang telah bekerja sama dengan asosiasi pengembang perumahan.

Dia berharap dengan kerja sama ini dapat memberikan dampak sosial ekonomi bagi masyarakat khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: WSBK Kerek Penjualan Homestay di Desa Wisata yang Didanai SMF

“Kami optimistis sinergi ini dapat memberikan kontribusi kepada percepatan PEN serta mendorong peningkatan akses pemilikan hunian yang layak dan terjangkau khususnya di berbagai daerah di Indonesia,” ujar Heliantopo dalam keterangan tertulis, Senin (13/12/2021). 

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali menyampaikan Sidoarjo dengan karakteristik sebagai daerah industri dan tujuan urbanisasi membutuhkan tingkat hunian yang tinggi.

Di samping itu, masyarakat yang masih di bawah garis kemiskinan dan MBR serta non-fixed income juga membutuhkan hunian tetap atau rumah layak huni.

“Seringkali MBR dan non fix income ini tidak lolos analisa bank, maka dari itu pemerintah harus memiliki solusi pengaturan bantuan, kemudahan-kemudahan pembiayaan perumahan yang diberikan oleh Pemerintah dalam bentuk KPR Bersubsidi yang disalurkan melalui bank pelaksana,” katanya. 

Senada, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengucapkan rasa syukur serta dukungan penuh kepada SMF yang untuk bersinergi dengan BPR Bank Tulungagung dan Pemkab Tulungagung.

Sinergi ini merupakan salah satu strategi kami untuk mengurangi backlog perumahan sekaligus peningkatan rumah tidak layak huni bagi MBR di Kabupaten Tulungagung.

"Oleh karenanya kerja sama ini menjadi sangat penting demi mewujudkan mayarakat Tulungagung untuk mendapatkan tempat tinggal dan lingkungan yang layak,” ucap Marwoto.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab juga memberikan penghargaan kepada SMF atas jalinan kerja sama dengan Pemkab Jombang.

Menurutnya hal ini merupakan bentuk perwujudan peran pemerintah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan dalam hal penyediaan perumahan untuk rakyat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com