Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Fasad Kaca Gedung Bertingkat Harus Dibersihkan? Ini Kata Ahli

Kompas.com - 09/03/2022, 07:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Tidak seperti kaca rumah, membersihkan fasad kaca gedung bertingkat membutuhkan kewaspadaan dan persiapan lebih.

Ini dilakukan untuk menjaga keselamatan pekerja dan memastikan pembersihan gedung berjalan secara efektif dan efisien.

Lalu, kapan fasad kaca gedung bertingkat harus dibersihkan?

Dewan Pertimbangan dan Mantan Ketua Umum Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI) Davy Sukamta menjelaskan, pembersihan fasad kaca gedung bertingkat seharusnya dilakukan setiap hari.

Kendati demikian, bukan berarti tempat yang sama akan mendapatkan giliran setiap harinya. Hal ini tergantung pada jumlah gondola yang tersedia di setiap gedung serta luas kaca yang harus dibersihkan.

Baca juga: Bukan Sembarang Bangunan, Ini Ciri Spesifik Gedung Bertingkat

Adapun gondola adalah sebutan untuk satu kesatuan alat pembersih fasad kaca gedung bertingkat, termasuk platform berupa keranjang untuk pekerja.

“Karena gondola harus keliling gedung dan naik turun, serta tergantung jumlah lantai dan gondola, maka setiap bagian kaca akan mendapatkan giliran ulang sekitar dua sampai tiga bulan sekali,” jelas Davy saat dihubungi oleh Kompas.com, Selasa (8/3/2022).

Sedangkan untuk gondola dan pekerja pembersihan gedung bertingkat bisa disediakan secara khusus oleh pengelola gedung maupun menyewa pada penyedia jasa layanan pembersihan gedung bertingkat.

Sementara itu, dilansir dari Science ABC, peralatan pembersih jendela gedung bertingkat terdiri dari pelindung tali, tali pengaman, alat pengangkat tali, mekanisme penurunan, lanyard dan cangkir hisap.

Peralatan tersebut tidak hanya berfungsi untuk melindungi pekerja dari insiden yang tidak diinginkan, tetapi juga membantu mereka untuk membersihkan fasad bangunan dengan kecepatan dan efisiensi tinggi.

Baca juga: Sejauh Mana Kualitas Gedung Bertingkat dan Pencakar Langit di Indonesia?

Lebih lanjut, terdapat berbagai jenis alat atau mekanisme pencucian jendela gedung bertingkat yang paling umum digunakan, seperti bosun chair, boom, carriage dan davit portabel yang secara kesatuan termasuk dalam gondola.

Bosun chair adalah alat berupa kursi untuk perorangan yang menawarkan akses ke area sempit bangunan sambil menjaga pekerja tetap duduk dengan aman di posisi yang nyaman.

Boom adalah mekanisme tertua dan paling umum digunakan secara historis yang terdiri dari perancah atau scaffolding yang memungkinkan para pekerja untuk melakukan pembersihan secara berkelompok.

Akan tetapi, boom adalah sistem permanen yang dipasang di atap bangunan untuk digunakan jika diperlukan.

Carriage adalah alternatif yang lebih baik untuk pembersihan gedung bertingkat dan menjadi semakin populer belakangan ini.

Baca juga: 5 Gedung Terindah di Rusia, dari Kompleks Istana hingga Pusat Belanja

Alat ini seperti kereta yang dipasang di atap gedung dan mampu bergerak mengelilingi gedung. Sama seperti boom, carriage juga bisa menampung beberapa pekerja sekaligus.

Sedangkan davit portable disebut sebagai mekanisme termurah di antara pilihan alat pembersihan lain yang juga bisa mengakses beberapa area fasad gedung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com