Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Libur Nyepi, 6.015 Kendaraan Lintasi GT Bakauheni Selatan Tol Bakter

Kompas.com - 08/03/2022, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) mencatat, 6.015 kendaraan melintasi Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan pada Libur Hari Raya Nyepi (3/4/2022).

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan, jumlah trafik kendaraan yang masuk ke JTTS lewat GT Bakauheni Selatan itu hingga 18,93 persen.

“Dalam kondisi normal, rata-rata kendaraan yang melaui GT Bakauheni Selatan sekitar 5.058
kendaraan, sedangkan pada libur nyepi kemarin meningkat hingga 6.015 kendaraan," ujar Dwi dalam rilis, Selasa (8/3/2022).

Sementara itu, mengakhiri akhir pekan, untuk arus balik dari Sumatera ke Jawa sendiri melalui pintu keluar GT Bakauheni Selatan mengalami lonjakan hingga 22,39 persen.

Ini dimana pada Minggu (6/3/2022), rata-rata kendaraan yang keluar dari GT Bakauheni Selatan mencapai 6.097 kendaraan.

Normalnya, rata-rata trafik kendaraan yang keluar melalui GT Bakauheni Selatan sekitar 4.982 kendaraan.

Baca juga: Libur Nyepi 2022, Okupansi KA Jarak Jauh di Bawah 50 Persen

Saat ini, Hutama karya telah menerapkan sistem tilang elektronik di Tol Bakter sehingga pengguna jalan diimbau untuk dapat lebih menaati tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Dwi menuturkan, dengan adanya tilang ETLE ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pengguna jalan akan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Dikarenakan dengan sistem tersebut, apabila pengguna jalan terdeteksi oleh kamera ETLE melanggar lalin akan secara otomatis tertilang dan dokumen tilangnya akan langsung dikirimkan ke alamat pengguna jalan.

Sejak diterapkan, sudah ada beberapa kendaraan yang terkena tilang ETLE. Namun, untuk detailnya, dapat langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

Hutama Karya juga mengimbau pengguna jalan untuk selalu Selamat Sampai Tujuan (SETUJU) untuk taat berkendara di jalan tol.

Kemudian SETUJU untuk tertib kecepatan berkendara di jalan tol, SETUJU untuk turunkan
fatalitas kecelakaan di jalan tol, SETUJU untuk tertib Over Dimensi menuju zero overload di
jalan tol dan SETUJU bahwa keselamatan adalah nomor satu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com