Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Lapangan Sepak Bola Ini Dibangun di Atas Air dan Hutan

Kompas.com - 08/03/2022, 17:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Lapangan sepak bola tak selalu dibangun di atas tanah, seperti halnya lapangan sepak bola di Thailand yang dibangun di atas air.

Dilansir dari The Smart Local, Selasa (8/3/2022), lapangan sepak bola terapung ini adalah salah satu spot olahraga dengan pemandangan terindah di Thailand.

Berlokasi di desa nelayan Ko Panyi di Teluk Phang Nga, wilayah dengan pemandangan tebing kapur dan perairan biru yang indah ini memiliki sekitar 1.658 penduduk.

Baca juga: Adakah Sirkuit Terindah di Dunia Selain Mandalika?

Adapun lapangan sepak bola Ko Panyi pertama kali dibangun oleh remaja Panyi Football Club dengan rakitan papan kayu yang disatukan saat berlangsungnya Piala Dunia 1986.

Panyi FC sekarang menjadi salah satu klub sepak bola remaja paling sukses di Thailand Setalan dengan 7 Kejuaraan Pemuda Thailand Selatan yang berhasil diraih.

Tetapi karena faktor keselamatan, lapangan terapung dari papan kayu tadi telah dipugar dengan struktur bebas paku.

Saat ini, lapangan sepak bola terapung Ko Panyi menjadi daya tarik utama wisatawan di wilayah tersebut dengan berbagai pertandingan sepak bola persahabatan oleh pemuda setempat.

A soccer field deep in the forest at Meshchersky Park in MoscowJoe Pompliano A soccer field deep in the forest at Meshchersky Park in Moscow
Beralih ke Eropa, terdapat lapangan sepak bola di Hutan Kota Meschersky, Moskow, Rusia atau yang disebut sebagai Lapangan Meschersky.

Dilansir dari India Today, pada awalnya lapangan bola tersebut diklaim terletak di Kota Ukhrul, Manipur, karena penampakan lapangannya terkenal melalui sebuah foto di media sosial.

Baca juga: 5 Gedung Terindah di Rusia, dari Kompleks Istana hingga Pusat Belanja

Akan tetapi, setelah diteliti lebih lanjut, rupanya Lapangan Merschersky berada di Hutan Kota Merschersky, Moskow.

Lapangan ini ada di tengah di hutan kota seluas 465 hektar dengan tempat bermain, jalur pendakian, sepeda dan jalur ski.

Menurut laporan The Sun, gambar lapangan sepak bola yang dikelilingi hutan tersebut menjadi salah satu foto musim gugur terbaik tahun 2019 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com